Strategi Digital Inovatif Untuk Peningkatan Kinerja: Studi Kasus PT. DariDesa.id Bengkulu
Abstract views: 47 | PDF downloads: 50
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Teknologi Digital, Inovasi, Kapabilitas Organisasi, dan Intellectual Capital terhadap Digital Marketing dan Kinerja Perusahaan. Studi kasus dilakukan pada PT. DariDesa.id di Provinsi Bengkulu. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada 50 responden yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknologi Digital, Inovasi, Kapabilitas Organisasi, dan Intellectual Capital berpengaruh positif signifikan terhadap Digital Marketing. Namun, hanya Digital Marketing, Inovasi, dan Kapabilitas Organisasi yang berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Perusahaan. Sementara itu, Teknologi Digital dan Intellectual Capital tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan. Implikasi manajerial studi ini adalah perlunya pembinaan aktif terhadap UMKM, inovasi produk dan pelayanan, pengembangan produk pertanian, penggunaan teknologi dalam pertanian, dan pelaksanaan konsep digital marketing secara menyeluruh.