Strategi Pengembangan Produk Untuk Peningkatkan Reputasi Perusahaan De’Roti PT. Jr Pangan Semesta

  • Wandi Yulius Sekolah Pascasarjana, Universitas Pancasila
  • Zulkifli Sekolah Pascasarjana, Universitas Pancasila
  • Derriawan Sekolah Pascasarjana, Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/ekobisman.v8i3.6741
Abstract views: 21 | PDF downloads: 27
Keywords: Inovasi, Pelayanan Pelanggan, Kualitas Produk, Selera Konsumen, Pengembangan Produk, Reputasi Perusahaan dan Strategi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Pengembangan Produk untuk meningkatkan reputasi perusahaan De’Roti PT. Jr. Pangan Semesta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (campuran). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang diolah dengan Smart PLS 3.0 untuk analisis kuantitatif, sedangkan untuk analisis kualitatif menggunakan SWOT, CPM, IFE & EFE dan QSPM. Hasil penelitian kuantitatif membuktikan bahwa inovasi, kualitas produk, selera konsumen berpengaruh terhadap reputasi perusahaan. Sedangkan pelayanan pelanggan tidak begitu mempengaruhi reputasi perusahaan. Adapun hasil penelitian analisa strategi melalui tahapan strategi input stage dengan CPM, IFE & EFE matching stage dengan TOWS dan decision stage dengan QSPM maka strategi yang digunakan dari hasil QSPM adalah strategi alternatif pemasaran masif pada jejaring marketplace.

Published
2024-04-30
Section
Articles