Strategi Produk Regulasi Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Pada Ditjen Aptika Kominfo

  • Bahtiar Minarto Kementerian Komunikasi dan Informasi
  • Zulkifli Sekolah Pascasarjana, Universitas Pancasila
  • Agustinus Miranda Wijaya Sekolah Pascasarjana, Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/ekobisman.v8i3.6839
Abstract views: 10 | PDF downloads: 14
Keywords: Kompetensi SDM, Kapabilitas Organisasi, Standar Operasional Prosedur (SOP), Kepemimpinan, Produk Regulasi, Kinerja Pelayanan Publik dan Strategi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Produk Regulasi Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik pada Ditjen Aptika Kominfo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (campuran). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang diolah dengan Smart PLS 3.0 untuk analisis kuantitatif, sedangkan untuk analisis kualitatif menggunakan SWOT, IFE & EFEdan QSPM. Hasil penelitian kuantitatif membuktikan bahwa Kompetensi SDM, Standar Operasional Prosedur (SOP), Kepemimpinan, dan Produk Regulasi berpengaruh terhadap terhadap kinerja pelayaan publik, sedangkan Kapabilitas Organisasi, tidak berpengaruh terhadap kinerja pelayanan publik. Adapun hasil penelitian analisa strategi melalui tahapan strategi input stage dengan IFE & EFE matching stage dengan TOWS dan decision stage dengan QSPM maka strategi yang digunakan dari hasil QSPM adalah strategi alternatif mengukur keberhasilan regulasi dan terus evaluasi kinerja.

Published
2024-04-30
Section
Articles