Pengaruh Mental Accounting Dan Self-Attribution Pada Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi (Studi Empiris “Penjualan Reksadana” Pada Nasabah BCA Wilayah Jakarta Selatan)

Authors

  • Arien Universitas Pancasila
  • Syamsul Bahri
  • Endang Etty Merawati

DOI:

https://doi.org/10.35814/ch11jt84

Keywords:

mental accounting, self attribution, perilaku keuangan, keputusan investasi

Abstract

Arien, 5122221008, Pengaruh Mental Accounting Dan Self-Attribution Pada Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi (Studi Empiris “Penjualan Reksadana” Pada Nasabah BCA Wilayah Jakarta Selatan), Tesis, Jakarta : Universitas Pancasila, Februari 2025.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Mental Accounting terhadap Perilaku Keuangan, pengaruh Self Attribution terhadap Perilaku Keuangan, pengaruh Mental Accounting terhadap Keputusan Investasi, pengaruh Self Attribution terhadap Keputusan Investasi dan pengaruh Perilaku Keuangan terhadap Keputusan Investasi pada nasabah PT BCA. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang berjumlah 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Uji Regresi Linear berganda dan uji hipotesis parsial  yang diolah dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian menjunjukkan bahwa mental accounting berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan. Self attribution tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan. Mental accounting berpengaruh signifikan terhadap Keputusan investasi. Self attribution tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan investasi. perilaku keuangan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan investasi.

Kata Kunci :

Mental Accounting, Self Attribution, Perilaku Keuangan, Keputusan Investasi

Downloads

Published

2025-07-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Mental Accounting Dan Self-Attribution Pada Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi (Studi Empiris “Penjualan Reksadana” Pada Nasabah BCA Wilayah Jakarta Selatan). (2025). EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN, 9(3), 208-222. https://doi.org/10.35814/ch11jt84