STRATEGI PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PERUSAHAAN KOMUNIKASI

  • Silvi Alvionita Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila
  • Iklima Yuniar 1221210079@univpancasila.ac.id
Keywords: farmasi, karyawan, keadilan, kemanusiaan, nilai Pancasila

Abstract

Strategi merupakan suatu pendekatan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan serta eksekusi dalam aktivitas yang memiliki kurun waktu tertentu. Strategi penerapan nilai-nilai Pancasila dapat membantu sebuah perusahaan untuk mencapai tujuannya dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila. Pancasila harus diterapkan pada setiap aspek-aspek kehidupan khususnya pada kegiatan dalam perusahaan, karena pada dasarnya pancasila ini memiliki pengaruh yang signifikan bagi kemajuan sebuah perusahaan. Nilai-nilai Pancasila ini juga diterapkan di dalam dunia kerja, supaya tidak ada unsur pengekangan dalam beribadah, ada rasa kemanusiaan, keadilan, bebas berpendapat serta mendapatkan keadilan di tempat kerja sehingga menimbulkan adanya rasa aman dan nyaman, dan juga memberikan dampak yang positif bagi karyawan maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi perusahaan XL Axiata tbk dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila terhadap kegiatan perusahaan. Berdasarkan dari hasil penelitian pada perusahaan XL Axiata tbk dapat disimpulkan bahwa Xl Axiata tbk berhasil mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam strategi perusahaan yang tercermin dalam berbagai aktivitas-aktivitas terhadap pelayanan karyawan, kontribusi kepada masyarakat dan kebijakannya, dengan mempertimbangkan ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan  yang dapat memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi perusahaan namun secara umum bagi lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan gambaran positif mengenai pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam konteks dunia kerja dan bermasyarakat.

Published
2023-12-01
Section
Articles