Sistem Informasi Pengelolaan Diklat Kesejahteraan Sosial

  • Rudi Program Studi Teknik Informatika Universitas Pancasila
  • Amir Murtako Program Studi Teknik Informatika Universitas Pancasila
  • Adi Wahyu Pribadi Program Studi Teknik Informatika Universitas Pancasila
Keywords: Pusdiklat, Diklat, ASN, Sipendi Kesos, Kemensos

Abstract

Semakin tingginya tuntutan akan produktivitas organisasi pemerintah baik profit maupun non-profit secara otomatis harus mampu menghadapi komplekitas lingkungan. Terutama dalam hal kegiatan kediklatan harus direncanakan dan dirancang sebaik mungkin khususnya oleh organisasi pemerintah. Sebagai salah satu kegiatan yang menentukan keberhasilan pelaksanaan diklat yang efektif dan tepat sasaran adalah analisis kebutuhan diklat (AKD)/Training Needs Analysis (TNA) dan juga evaluasi hasil kegiatan diklat itu sendiri. Pengelolaan diklat ini harus betul-betul diperhatikan karena berdampak langsng terhadap jalannya roda organisasi khusunya di pemerintah. Di era modern saat ini tentunya dibutuhkan pengelolaan diklat yang cepat, tepat dan efektif, dimana para peserta diklat dapat berkolaborasi dengan penyelenggaran diklat tanpa adanya hambatan jarak, waktu dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibangun suatu sistem pengelolaan diklat kesejahteraan kesos (sipendi kesos) yang mampu memberikan keakuratan, kecepatan dan efektivitas dalam hal pengelolaan diklat, baik dalam hal perencanaan maupun pelaksanan diklat.

Sistem ini menyediakan layanan pendaftaran peserta diklat secara online, pengisian kuesioner analisa kebutuhan dan evaluasi diklat dapat dikerjakan dimana dan kapan saja secara online. Untuk unit teknis dapat dengan mudah memonitoring status surat permohonan pengajuan diklat yang telah disampaikan kepada pusdiklat. Sipendi kesos sendiri dibangun menggunakan metode berorientasi objek, metode ini menggunakan alat bantu antara lain diagram UML Use Case diagram, Diagram Sekuential, Activity Diagram dan Diagram Relasi Entitas (ERD). Implementasi pembuatan Sipendi kesos mengunakan Framework Codeigniter, Bootstrap dan database MySQL.

Dengan adanya Sipendi Kesos ini diharapkan mampu mengurangi beban kerja para pegawai pusdiklat kesos dalam hal pengelolaan diklat, mengurangi ketergantungan penggunaan google form, ms excel dan kertas, dan tentu dapat menyajikan laporan dengan cepat, tepat dan terukur.

Published
2022-02-28