Sistem Informasi Pengelolaan Gudang Barang Aquarium Pada Toko Khakha Kios Daerah Kabupaten Bogor

  • Lintang Sakti Kusumo Subagjo Program Studi Teknik Informatika Universitas Pancasila
  • Bambang Riono Arsad Program Studi Teknik Informatika Universitas Pancasila
Keywords: gudang, aquarium, pengelolaan, stok, waterfall, backend

Abstract

Sistem informasi pengelolaan gudang barang aquarium pada toko Khakha Kios daerah Kabupaten Bogor adalah suatu sistem informasi penyimpanan produk atau barang ketika ada permintaan untuk distribusi. Maka dari itu, adanya sistem pengelolaan gudang ini sebagai pengendalian persediaan barang yang ada di gudang. Sistem tersebut diperlukan untuk menjaga keamanan dan keakuratan jumlah barang yang tersimpan dalam gudang.

Dalam penelitian ini, sistem informasi pengelolaan barang aquarium yang sedang dikembangkan ini merupakan sistem yang dapat mengelola seperti pengumpulan data barang, mengolah data barang dan menyimpan data keluar masuk barang penjualan yang disimpan di gudang. Sistem informasi barang aquarium ini diharapkan mampu mengelola data barang masuk, data barang keluar, stock barang, data supplier dan data penjualan barang aquarium secara terorganisir.

Sistem informasi ini merupakan bagian dari backend serta pengelolaan ini menggunakan metode Waterfall yang dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak pada pengorganisiran gudang maupun lainnya. Penggunaan metode yang diterapkan memiliki tahapan rancangan dari analisis, desain, coding, testing, dan maintenance lalu diimplementasikan ke dalam sebuah sistem. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis dapat mengimplementasikan hasil tersebut ke dalam sistem informasi pengelolaan gudang dengan tata pengaturan letak gudang dan barang sesuai kategori barang. Barang memiliki kategori antara lain makanan, mesin, aksesoris, obat dan aquarium. Hal lain mengenai berat atau satuan dapat berupa kilogram(kg), gram(g), lusin, pack, dan dus. Pengelolaan pada gudang di toko terdiri dari 4 susun rak (disesuaikan keadaan tempat) dan 1 tempat gudang. Pengkategorian supplier terdiri atas bedanya lokasi daerah atau alamat supplier yang berada di daerah Bogor. Mengenai hal tersebut, sistem ini diharapkan dapat membantu mengelola dan mengorganisir gudang barang aquarium pada toko Khakha Kios sehingga dapat lebih meningkatkan efektivitas kerja.

Published
2022-02-28