PENERAPAN ALGORITMA WEIGHTED PRODUCT METHOD (WPM) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN CALON PENERIMA BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN

  • Musawarman Politeknik Enjinering Indorama
  • Halimil Fathi Politeknik Enjinering Indorama
  • Mia Rosmeida Politeknik Enjinering Indorama
Keywords: Weight Product Method (WPM), PKH, DTKS

Abstract

Pengolahan Data Terpadu Kesejahteraan Sosisal (DTKS) untuk penentuan calon penerima bantuan PKH pada Desa Jatibaru, Purwakarta masih ada permasalahan yang perlu dibenahi seperti penentuan PKH yang berjalan saat ini proses menentukannya dengan cara mengambil nama calon penerima berdasarkan syarat-syarat yang telah ditentukan tanpa melihat calon penerima tersebut layak atau tidak layak. Proses penentuan tersebut mengakibatkan terjadinya tidak tepat sasaran, dimana masih banyak orang yang seharusnya layak menerima bantuan justru tidak mendapatkan bantuan tersebut. Dalam hal ini sistem pendataan masih menggunakan data DTKS lama yang belum diperbaharui sedangkan setiap tahun penduduk selalu mengalami perubahan pola status sosial dan pengolahan data masih secara manual menggunakan excel.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan studi literatur yang dilakukan untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan dalam proses pembuatan sistem.   Proses perhitungan yang digunakan untuk penentuan calon penerima yang layak dan tidak layak menggunakan metode perhitungan Weight Product Method (WPM). Dan adapun untuk metode pengembangan sistem menggunakan model Waterfall.

Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya sistem pengolahan data DTKS   untuk menentukan calon penerima bantuan PKH yang layak dan tidak layak dengan menggunakan metode Weight Product Method (WPM). Sehingga dapat membantu pihak Desa Jatibaru dalam menyeleksi calon penerima bantuan PKH yang layak dan tidak  layak sehingga dapat mengurangi terjadinya tidak tepat sasaran.

Published
2022-05-01