Pengujian Aplikasi Belajar Berbasis Website Menggunakan Teknik Equivalence Partitioning

  • N.I.S. Baldanullah Program Studi Teknik Informatika Universitas Pancasila
  • S.R.C. Nursari Program Studi Teknik Informatika Universitas Pancasila
Keywords: Black Box Testing, Equivalence Partitioning

Abstract

Terlepas dari tujuan pada berbagai aplikasi berbasis web yang memberikan solusi serta kemudahan bagi masyarakat, kenyamanan serta kelancaran dan hal hal yang ambigu terhadap kinerja aplikasi juga menjadi faktor dalam keberhasilan suatu produk aplikasi yang akan mempengaruhi kepuasan pengguna, maka diperlukan pengujian pada aplikasi/software untuk mengetahui apakah aplikasi yang dibuat berfungsi dengan baik dan benar terhadap kriteria yang dibutuhkan serta dipahami oleh pengguna. DQLab merupakan salah satu aplikasi web yang terkait, platform belajar di bidang edukasi terkait data sehingga orang orang yang ingin mengembangkan minat dan bakat yang berkaitan dengan dunia data telah dijembatani oleh DQLab dengan aksestabilitas yang mudah. Penelitian ini menggunakan teknik Equivalence Partitioning, teknik pengujian tersebut akan dilakukan untuk menguji dan memeriksa berbagai jenis dan kondisi input serta menemukan error atau kesalahan yang ada pada aplikasi DQLab yang berbasis web untuk uji kelayakan sebagai platform belajar. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa terdapat satu ketidaksesuaian test case dengan hasil yang diharapkan dengan nilai validitas sebesar 95%.

Published
2022-11-30