Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Dalam meningkatkan Profesionalisme Guru di SDN Batu Ampar 13 Pagi Berbasis Web

  • Arizha Feries Hairony Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Pancasila
  • Adi Wahyu pribadi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Pancasila
Keywords: Sistem Informasi, Penilaian Kinerja Guru (PKG), Unified Modelling Language (UML), Metode SDLC, Model Waterfall

Abstract

Pelaksanaan penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional. SDN Batu Ampar 13 Pagi belum mempunyai sistem yang mendukung untuk melakukan proses penilaian kinerja guru. Pencatatan data masih secara manual sehingga dalam menentukan hasil penilaian cukup memakan waktu yang lama dan hasil perhitungan rentan terjadi kesalahan. Maka dari itu dibutuhkannya sebuah aplikasi penilaian kinerja guru yang dapat memudahkan proses pemberian penilaian, meminimalisir kesalahan perhitungan, dan terjaganya setiap data yang ada. Dalam pemodelan aplikasi ini menggunakan pemodelan Unified Modelling Language (UML) dikarenakan agar dapat menggambarkan pemodelan sistem yang akan dibuat. Aplikasi ini berbasis web dengan menggunakan Bahasa pemrograman Php dan database MySQL. Sedangkan pengembangan sistem penelitian menerapkan metode Software Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Oleh karena itu, dengan adanya aplikasi penilaian kinerja guru dapat memudahkan dalam memberi dan mengelola penilaian serta dalam penyajian laporan hasil penilaian kinerja guru yang dibutuhkan dapat diperoleh secara tepat, cepat, dan real time. Berdasarkan hasil perhitungan dengan melakukan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis menggunakan Blackbox. Kepuasaan pengguna yang sebelumnya sudah dibuat dan diisi sebanyak 19 responden. Diperoleh nilai tertinggi sebesar 78,95% untuk tingkat User Experience dan pada fungsionalitas aplikasi dengan kategori “Sangat Setuju” menyatakan menu pada aplikasi ini mudah dipahami dan dapat menampilkan hasil penilaian dengan mudah.

Published
2023-05-01