Pemilihan Promosi Perawatan Kecantikan Berdasarkan Pola Pemesanan Pelanggan dengan Menggunakan Algoritma FP-Growth
DOI:
https://doi.org/10.35814/jiac.v5i1.8319Keywords:
Algoritma FP-Growth, Aplikasi Berbasis Web, Jenis Perawatan, Perawatan Kecantikan, PromosiAbstract
Klinik perawatan kecantikan di Indonesia seperti Impressions Clinic yang menyediakan berbagai jenis perawatan memiliki permasalahan pada persaingan bisnis dan dalam menjalankan promosi masih menggunakan cara manual dengan langsung memilih jenis perawatan yang ada sehingga kurang efektif dalam strategi pemasarannya. Hal tersebut menyebabkan penurunan pendapatan karena berkurangnya pelanggan lama yang kembali ke Impressions Clinic. Untuk mempertahankan pelanggan, diperlukan strategi pemasaran yang lebih efektif, dengan melakukan promosi yang diambil dari jenis perawatan yang sering dipilih pelanggan menjadi satu paket perawatan. Algoritma FP-Growth digunakan untuk menentukan jenis perawatan yang sering dipilih pelanggan dengan mengatur nilai confidence minimum 75%, dan support minimum 2%, untuk mendapatkan hasil terbaik menggunakan aplikasi berbasis web. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu jenis perawatan Thread Lift Mono 3O, Filler Treatment, Laneu Gold Mask, Laneu Glowing V Shape Mask, Botolinum toxin, Infusion Whitening dan PDO Thread Lift yang dapat dijadikan acuan dalam promosi jenis perawatan sebagai paket perawatan di Impressions Clinic.