Pengembangan Virtual Testing Station untuk Peningkatan Kompetensi Kognitif Pemrograman OUTSEAL PLC Kelas XI Program Keahlian Teknik Mekatronika SMKN 1 Bawang Banjarnegara

Authors

  • awi wibowo universitas nasional
  • Ariana Azimah Universitas Nasional DKI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35814/hv92ee42

Keywords:

Virtual Testing Station, Pemrograman PLC, Kompetensi Kognitif, SMKN 1 Bawang Banjarnegara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas Virtual Testing Station dalam meningkatkan kompetensi kognitif pemrograman PLC (Programmable Logic Controller) pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Mekatronika di SMKN 1 Bawang Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model Waterfall menurut Pressman dan ADDIE menurut Branch.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Virtual Testing Station yang dikembangkan mampu mereplikasi proses kerja perangkat keras testing station secara virtual, menyediakan simulasi interaktif untuk pemrograman PLC; (2) Berdasarkan evaluasi oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna, perangkat lunak ini dinilai sangat layak sebagai media pembelajaran, dengan rata-rata nilai 79,86; (3) Implementasi media pembelajaran ini meningkatkan kompetensi kognitif siswa, terbukti dari peningkatan nilai tes kognitif dari pretest sebesar 53,7 menjadi posttest sebesar 62,79, dengan perbedaan yang signifikan pada taraf signifikansi 5%.

Kesimpulannya, Virtual Testing Station efektif sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pemrograman PLC, serta dapat menjadi alternatif praktikum yang efisien dan hemat biaya di lingkungan pendidikan SMK.

Published

2025-05-01