Pengungkapan Emisi Karbon Terhadap Nilai Perusahan dengan Media Exposure Sebagai Variabel Moderasi

  • Reza Ibnu Bahriansyah Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur
  • Yoremia Lestari Ginting Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur
DOI: https://doi.org/10.35838/jrap.2022.009.02.21
Abstract views: 2680 | PDF downloads: 4397
Keywords: carbon emission disclosure, media exposure, firm value, environment

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study is to analyze the effect of carbon emission disclosure on firm value with media exposure as a moderating variable. Populations in this study are 50 industrial sector companies listed in Indonesian stock exchange on 2019-2020. Samples in this study are 40 companies. The sampling method used in this study is purposive sampling and 80 observation data met the sampling criteria. Data analysis method used in this study is Moderated Regression analysis (MRA) using SPSS 26. The result in this study showed that Carbon emission disclosure had significant and positive impact on firm value. Media exposure is not moderating variable of emission carbon disclosure on firm value. This study expected to be a base of consideration for investors in making investment decisions, in industrial sector company especially.

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengungkapan emisi karbon terhadap nilai perusahaan dengan paparan media sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 perusahaan sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan 80 data observasi memenuhi kriteria sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression analysis (MRA) dengan menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan emisi karbon berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Paparan media tidak mampu memoderasi hubungan antara pengungkapan emisi karbon terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar pertimbangan bagi investor dalam mengambil keputusan investasi, khususnya pada perusahaan sektor industri.

References

Alfayerds, W. D., & Setiawan, M. A. (2021). Pengaruh Pengungkapan Emisi Karbon dan Annual Report Readability terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Peringkat PROPER yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 3(2), 349–363. http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/article/view/363

Berthelot, S., & Robert, A.-M. (2011). Climate Change Disclosures: An Examination of Canadian Oil and Gas Firms. Issues In Social And Environmental Accounting, 5(2), 106. https://doi.org/10.22164/isea.v5i2.61

Chung, K. H., & Pruitt, S. W. (2015). Simple of Tobin ’ s Approximation q. 23(3), 70–74. https://www.jstor.org/stable/3665623

Dawkins, C., & Fraas, J. W. (2011). Coming Clean: The Impact of Environmental Performance and Visibility on Corporate Climate Change Disclosure. Journal of Business Ethics, 100(2), 303–322. https://doi.org/10.1007/s10551-010-0681-0

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Universitas Diponegoro.

Ikbal, M. (2018). Apakah Informasi non-Keuangan berguna bagi Investor: Survei Persepsi bagi Investor Retail di Indonesia. Akuntabel, 14(2), 180. https://doi.org/10.29264/jakt.v14i2.1906

Jaggi, B., Allini, A., Macchioni, R., & Zampella, A. (2018). Do investors find carbon information useful? Evidence from Italian firms. Review of Quantitative Finance and Accounting, 50(4), 1031–1056. https://link.springer.com/article/10.1007/s11156-017-0653-x

Jannah, R., & Muid, D. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Carbon Emission Disclosure Pada Perusahaan Di Indonesia(Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 1000–1010. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/6164

Kelvin, C., Daromes, F. E., & Ng, S. (2017). Pengungkapan Emisi Karbon Sebagai Mekanisme Peningkatan Kinerja Untuk Menciptakan Nilai Perusahaan. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 6(1), 1–18. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe9/article/view/5948

Laksani, S. A., Andesto, R., & Kirana, D. J. (2020). Carbon Emission Disclosure Ditinjau dari Nilai Perusahaan,Leverage dan Media Exposure. Studi Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 145–164. https://doi.org/10.21632/saki.3.2.145-164

Linggasari, E. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Carbon Emission Disclosure. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Jurnal Ekonomi Bisnis, 1, 63–69. http://eprints.undip.ac.id/46120/1/15_LINGGASARI.pdf

Permana, A. B. S., & Bambang, T. (2020). Pengaruh Pengungkapan Lingkungan dan Karbon terhadap Nilai Perusahan. E-Jurnal Akuntansi, 30(4), 932–944. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1916872

Pratiwi, P. (2016). Pengaruh Tipe Industri, Media Exposure dan profitabilitas Terhadap Carbon Emission Disclosure (Studi Empiris pada Perusahaaan Non Industri Jasa yang Terdaftar di BEI tahun 2012-2014). 2016.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2004 Tentang Pengesahan Kyoto Protocol To The United Nations Framework Convention On Climate Change (Protokol Kyoto Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa Tentang Perubahan Iklim), 1 (2004).

Rusmana, O., & Purnaman, S. M. N. (2020). Pengaruh Pengungkapan Emisi Karbon dan Kinerja Lingkungan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 22(1), 42–52. http://www.repository.trisakti.ac.id/webopac_usaktiana/index.php/home/detail/detail_koleksi/0/SKR/judul/00000000000000087448/0

Santiara Dewi, R., & Sudaryati, E. (2020). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial melalui Laman Resmi Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 30(4), 828. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i04.p02

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(4), 355–374. https://doi.org/10.1055/s-2004-820924

Templeton, G. F. (2011). A two-step approach for transforming continuous variables to normal: Implications and recommendations for IS research. Communications of the Association for Information Systems, 28(1), 41–58. https://doi.org/10.17705/1cais.02804

Zuhrufiyah, D., & Anggraeni, D. Y. (2019). Pengungkapan Emisi Karbon dan Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan di Kawasan Asia Tenggara). Jurnal Manajemen Teknologi, 18(2), 80–106. https://doi.org/10.12695/jmt.2019.18.2.1

Published
2022-12-30
How to Cite
Bahriansyah, R. I., & Lestari Ginting, Y. (2022). Pengungkapan Emisi Karbon Terhadap Nilai Perusahan dengan Media Exposure Sebagai Variabel Moderasi. JRAP (Jurnal Riset Akuntansi Dan Perpajakan), 9(2), 226 - 237. https://doi.org/10.35838/jrap.2022.009.02.21