Pengaruh Terpaan Video Beauty Vlogger pada Kanal Youtube Tasya Farasya Terhadap Perilaku Merias Wajah Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar

  • Yuhdi Fahrimal Universitas Teuku Umar
DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v1i2.4098
Abstract views: 554 | PDF downloads: 908
Keywords: Terpaan Youtube, Beauty Vlogger, Perilaku Merias Wajah

Abstract

Perilaku merias wajah merupakan aktivitas yang menjadi representasi kebutuhan dasar perempuan modern saat ini. Metode dan teknik merias wajah telah berkembang seiring dengan kemunculan beauty vlogger yang membagikan teknik, metode, dan cara merias wajah melalui berbagai kanal digital seperti Youtube. Salah satu beauty vlogger dengan jumlah pengikut yang banyak dan menginspirasi perilaku merias wajah adalah Tasya Farasya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan video beauty vlogger pada kanal Youtube Tasya Farasya terhadap perilaku merias wajah mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar. Metode dalam penelitian ini metode kuantitatif eksplanatif dengan dua variabel, yaitu, terpaan video beauty vlogger kanal Youtube Tasya Farasya sebagai variabel independen (X) dengan indikator frekuensi, durasi, dan atensi serta perilaku merias wajah sebagai variabel independen (Y) dengan indikator pengetahuan, sikap, dan tindakan. Responden dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswi aktif Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar tahun ajaran 2020/2021 yang ditentukan dengan rumus Slovin dan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai determinasi R square = 0,448. Nilai tersebut menunjukkan bahwa tingkat pengaruh terpaan video beauty vlogger kanal Youtube Tasya Farasya terhadap perilaku merias wajah mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar cukup kuat sebesar 44,8%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa video beauty vlogger kanal Youtube Tasya Farasya berpengaruh terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswi dalam merias wajah. Pengaruh dari masing-masing indikator turut dibahas.

Published
2022-11-27
Section
Articles