Pengaruh Terpaan Media Terhadap Minat Berkunjung pada Sial Interfood Expo Jakarta 2022

  • Diana Anggraeni Universitas Pancasila
  • Tabitha Deborah Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v1i2.4204
Abstract views: 314 | PDF downloads: 1272
Keywords: Media Sosial, Terpaan Media, Minat Berkunjung

Abstract

Sektor kuliner kini menunjukkan berbagai upaya kebangkitan setelah lumpuh akibat munculnya
pandemi Covid-19 pada Maret 2020 di Indonesia. Salah satunya adalah hadirnya event SIAL
Interfood Expo 2022 harapannya menjadi langkah pasti untuk keberlanjutan usaha bagi pelaku
usaha kuliner. Penyelenggara event ini menggunakan Instagram sebagai media promosinya,
sehingga masyarakat dapat hadir di pameran SIAL Interfood 2022. Sifat interaktivitas, biaya,
jangkauan audiens yang lebih luas dan spesifik menjadikan media sosial Instagram mampu
menjangkau penggunanya serta mendorong penggunanya untuk berkunjung. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh terpaan media Instagram terhadap minat
berkunjung pengguna Instagram @interfoodexpo. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif eksplanatif dengan paradigma positivisme dengan unit analisisnya yaitu followers
@interfoodexpo. Pengambilan sampel menggunakan teknik probabilitas sebanyak 100 responden.
Pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google form melalui direct
message Instagram, Whatsapp chat, dan Twitter. Hasil penelitian menunjukkan terpaan media
sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung pada SIAL Interfood Expo
2022. Temuan lainnya mengungkapkan nilai pengaruh terpaan media termasuk cukup tinggi yakni
31,2%, sementara itu sebesar 68,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak disebutkan dan
diteliti dalam penelitian ini. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti dengan
menggunakan pendekatan kualitatif mengenai responden dari penelitian ini yang didominasi oleh
gender perempuan.

Published
2022-11-27
Section
Articles