Model Elaboration Likelihood dalam Pembentukan Personal Branding Nex Carlos di Channel Youtube

  • Rizky Wika Shintya Devi Universitas Pancasila
  • Suluh Gembyeng Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v2i1.4952
Abstrak views: 253 | PDF (English) downloads: 615

Abstrak

Youtube merupakan media sosial yang berguna untuk mencari informasi hingga hiburan dalam bentuk ragam konten video yang diuplad setiap harinya. Adanya hal tersebut memudahkan komunikasi tiap orang khususnya bagi seseorang yang melakukan kegiatan personal branding dalam video blog (vlog) di media sosial Youtube. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai pembentukan personal branding food vlogger Nex Carlos di channel Youtube melalui analisis Model Elaboration Likelihood (ELM). Dengan menggunakan teori Model Elaboration Likelihod, konsep dalam penelitian ini adalah personal branding dan media sosial Youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini ialah teks yang berhubungan dengan data-data verbal dari vlog di channel Youtube Nex Carlos. Penelitian ini mengumpulkan data melalui dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rancangan analisis isi, yang bersumber dari komunikasi verbal vlog Nex Carlos yang kemudian diidentifikasi kembali secara tertulis dari tayangan salah satu playlist vlog 'Makan Keliling Indonesia' di channel Youtube Nex Carlos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan personal branding Nex Carlos di channel Youtubenya melalui dua rute, yaitu rute sentral dan priferal. Pada rute sentral, personal branding dibentuk dan dipahami melalui argumentasi positif. Pada rute periferal, argumentasi tersebut didukung dengan kualitas komunikator yang terdiri atas ethos, atraksi, dan kekuasaan. Dengan demikian, adanya temuan-temuan tersebut menjadikan tayangan food vlog Nex Carlos menarik untuk ditonton dan dipublikasikan kepada khalayak

Diterbitkan
2023-05-30
Bagian
Articles