Pengaruh Komunikasi Pemasaran dalam Penempatan Produk Kopiko terhadap Brand Image

  • Miftahul Jannah Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Nathalia Perdhani Soemantri Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v2i1.4994
Abstract views: 482 | PDF downloads: 1155
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Penempatan Produk, Brand Image, Drama Korea

Abstract

Perkembangan iklan yang semakin kreatif menjadi tantangan bagi pemasar menciptakan strategi baru untuk menjangkau khalayak luas. Dalam komunikasi pemasaran, strategi penempatan produk banyak digunakan oleh pemasar untuk meningkatkan merek atau produk. Namun, permen Kopiko sebagai produk lokal Indonesia melakukan strategi baru dengan cara penempatan produk dalam drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha. Kemunculannya menjadi sorotan penggemar drama Korea, maka tak heran berdampak pada brand image Kopiko. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui bagaimana aktivitas penempatan produk yang dilakukan permen Kopiko dalam drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha pada brand image Kopiko di benak penonton. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling sebanyak 100 orang yang merupakan followers Instagram @wowkdrama.id yang menonton di Netflix, yang memiliki temuan bahwa mayoritas responden yaitu perempuan dalam usia 18-25 tahun yang berstatus sebagai mahasiswi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran dalam penempatan produk iklan Kopiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image Kopiko serta memiliki hubungan yang kuat. Sebesar 49% performa penempatan produk memiliki pengaruh terhadap peningkatan brand image Kopiko.

Published
2023-05-30
Section
Articles