Saung Eling Kampung Lembur Sawah: Bercerita Lewat Wisata Pertanian dan Budaya

  • Gati Dwi Yuliana Universitas Pancasila
  • Titania Fattiha Ahsan Universitas Pancasila
  • Velya Fasya Fitriandini Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v2i2.5681
Abstract views: 187 | PDF downloads: 223
Keywords: Budaya, Naratif, Pariwisata, Pemasaran, Pertanian

Abstract

Kajian ini fokus pada narasi cerita tentang kehidupan pertanian dan budaya hidup masyarakat kampung wisata pada praktik-praktik komunikasi pemasaran pariwisata yang dilakukan untuk mengenalkan destinasi wisata melalui media sosial. Penelitian ini mengaji Instagram Kampung Lembur Sawah yang dikelola oleh Saung Eling pada akun @saung_eling. Sesuai dengan fokus penelitiannya, teori yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma naratif dan konsep komunikasi pemasaran pariwisata. Penelitian ini mengambil cara pandang paradigma interpretif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara kepada pengelola wisata yang menjadi penutur narasi pertanian dan budaya pada konten unggahan akun Instagram @saung_eling. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pendekatan naratif dengan benang merah cerita budaya sunda digunakan sebagai payung strategi komunikasi pemasaran wisata atas dasar pertimbangan bahwa pendekatan bercerita itu sendiri telah digunakan lebih dulu untuk keperluan-keperluan lain dalam berbagai bidang, seperti kesehatan mental, penguatan kelompok minoritas, kegiatan belajar mengajar di kelas, penguatan diri, jurnalisme, dan praktik-praktik politik. Konten Instagram @saung_eling yang dijadikan studi kasus pendekatan becerita pada penelitian ini memperlihatkan bahwa naratif dan platform situs jaringan sosial berbasis teks-gambar-video dapat dijadikan alat sekaligus teknik komunikasi pemasaran digital yang menunjang bisnis pariwisata lokal berbasis komunitas (warga).

Published
2023-11-28
Section
Articles