Akomodasi Budaya dalam Komunikasi Kesehatan Digital untuk Meningkatkan Literasi Media Orang Tua

Authors

  • Gati Dwi Yuliana Universitas Pancasila
  • Yusril Virgiansyah Universitas Pancasila
  • Aiskha Atthaya Adha Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.35814/av6fss38

Keywords:

Akomodasi, Instagram, Literasi Media, Orang Tua, Strategi Konvergensi

Abstract

Kajian ini berangkat dari fenomena maraknya edukasi kesehatan di media sosial. Praktisi kesehatan dapat menjadi selebritas Instagram (Selebgram) yang memiliki ratusan ribu hingga jutaan pengikut. Penelitian ini bertujuan melihat realitas kampanye kesehatan dengan kaca mata teori akomodasi komunikasi yang beririsan dengan literasi media. Pengamatan dilakukan pada 16 dari 121 keseluran konten Instagram Story. Ke-16 konten ini telah diarsipkan pada fitur sorotan akun Instagram dokter Meta Hanindita. Pengamatan dilakukan pada interaksi pengikut dan pemilik akun Instagram tenaga kesehatan. Selanjutnya pengamatan difokuskan pada bentuk akomodasi yang dilakukan tenaga kesehatan dalam kampanye kesehatan digital. Teknis analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah multimodalitas. Analisis teks dilakukan pada aspek verbal, dan non-verbal dalam konten Instagram Story.  Lebih lanjut lagi, aspek non-verbal secara terperinci terdiri dari gambar, bunyi dan aspek lain yang membentuk makna teks. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan multimodalitas pada sebuah konten merupakan bentuk konvergensi komunikasi tenaga kesehatan kepada khalayak sasarannya. Strategi konvergensi dilakukan dengan motif internal nilai-nilai keluarga yang juga berlatar belakang tenaga kesehatan. Strategi konvergensi memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi media khalayak sasaran, yaitu para orang tua. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk memilih strategi akomodasi komunikasi yang diterapkan oleh tenaga kesehatan dalam membagikan konten edukasi kesehatan di media sosial pada masa mendatang.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles