Komunikasi Pemasaran Global Terpadu: Tantangan di Era Digital

  • Sunarto Prayitno Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2152
Abstract views: 222 | PDF downloads: 244
Keywords: Integrated Global Marketing Communications, Konsumen Global, Pengembangan Pesan Global, Penetrasi Media Global, Pola Perencanaan IGMC

Abstract

Ditemukannya komputer, terutama internet, menyebabkan perubahan mendasar dalam konsep, strategi, taktis, dan implementasi pada bisnis, pemasaran, dan komunikasi pemasaran, yang bergeser dari kondisi pasar konvensional ke pasar modern pada era digital. Integrated Marketing Communications (IMC), merupakan suatu konsep hasil penelitian para praktisi dan akademisi dalam mengantisipasi kemandulan strategi lama yang sudah tidak dapat dihandalkan, dan menjadi paradigma baru yang patut dijadikan acuan dasar dalam menghadapi tantangan di pasar global. Penerapan konsep dan strategi IMC pada pasar global dikenal sebagai perencanaan Integrated Global Marketing Communications (IGMC). Perubahan-perubahan yang terjadi pada perilaku konsumen, pola pengembangan pesan, berkembang-biaknya media khususnya media digital, dan integrasi elemen-elemen komunikasi pemasaran merupakan dasar pengembangan rencana strategis (strategic plan) IGMC. Implementasi program IGMC dapat diharapkan menjadi ‘peta jalan’ menuju pencapaian kesuksesan organisasi atau perusahaan pada era digital. Paper ini merupakan hasil kajian rangkuman dari berbagai dimensi pemikiran para ahli, di samping analisis, interpretasi, dan theorizing penulis

 

Published
2021-09-16
How to Cite
Prayitno, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Global Terpadu: Tantangan di Era Digital. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 27-39. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2152
Section
Articles