Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi TV Melalui Hastag #JadiPaham

  • Syawalia Putri Chafilaudina Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Soegiarto Universitas Negeri Jakarta
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2496
Abstract views: 228 | PDF downloads: 272
Keywords: Perencanaan Strategis, Kampanye Public Relations, Kampanye #JadiPaham

Abstract

Banyaknya masyarakat mengkonsumsi berita yang simpang siur mengenai pandemi Covid-19 merupakan sebuah pertanda bahwa dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemi ini sudah merambat diberbagai bidang. Demi merespon permasalahan tersebut, Narasi TV yang merupakan collaborative media hadir melalui program kampanyenya yang disebut dengan kampanye #JadiPaham melalui media sosialnya. Kampanye ini juga dibuat lantaran adanya kebutuhan untuk membentuk brand identity dari perusahaannya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program kampanye #JadiPaham yang dibuat oleh Narasi TV. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan motode deskriptif. Data yang didapat dari penelitian ini diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perencanaan strategis kampanye #JadiPaham dilakukan dengan berbagai tahap mulai dari riset dan analisis, menentukan tujuan dan strategi, menentukan taktik komunikasi dan implementasi, serta melakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali. Selain itu, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi penelitian selanjutnya dan lebih banyak untuk dikembangkan lagi menggunakan sumber dan teori lain yang berkaitan dengan perencanaan kampanye public relations.

 

Published
2021-09-16
How to Cite
Syawalia Putri Chafilaudina, & Soegiarto, A. (2021). Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi TV Melalui Hastag #JadiPaham . CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 40-51. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2496
Section
Articles