Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi TV Melalui Hastag #JadiPaham

  • Syawalia Putri Chafilaudina Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Soegiarto Universitas Negeri Jakarta
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2496
Abstract views: 2902 | PDF downloads: 4062
Keywords: Perencanaan Strategis, Kampanye Public Relations, Kampanye #JadiPaham

Abstract

Banyaknya masyarakat mengkonsumsi berita yang simpang siur mengenai pandemi Covid-19 merupakan sebuah pertanda bahwa dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemi ini sudah merambat diberbagai bidang. Demi merespon permasalahan tersebut, Narasi TV yang merupakan collaborative media hadir melalui program kampanyenya yang disebut dengan kampanye #JadiPaham melalui media sosialnya. Kampanye ini juga dibuat lantaran adanya kebutuhan untuk membentuk brand identity dari perusahaannya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program kampanye #JadiPaham yang dibuat oleh Narasi TV. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan motode deskriptif. Data yang didapat dari penelitian ini diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perencanaan strategis kampanye #JadiPaham dilakukan dengan berbagai tahap mulai dari riset dan analisis, menentukan tujuan dan strategi, menentukan taktik komunikasi dan implementasi, serta melakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali. Selain itu, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi penelitian selanjutnya dan lebih banyak untuk dikembangkan lagi menggunakan sumber dan teori lain yang berkaitan dengan perencanaan kampanye public relations.

 

References

Alexander, A. (2016). Sprite: 'Brutally refreshing' - or sexist? Retrieved Mei 15, 2021 from https://www.bbc.com/news/world-europe-36958158

Asih, D. N., & Rosit, M. (2018). Opini Publik di Media Sosial: Analisis Isi Opini Kandidat Ahok- Djarot dan Anies-Sandi di Twitter. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(2), 45-56.

Cameron, G. T., & Curtain, P. A. (1992). An Expert Systems Approach for PR Campaigns Research. The Journalism Educator, 47(2), 13.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2017). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Firdaus, & Zamzam, F. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. Sleman: Deepublish.

Gilaninia, S., Taleghani, M., & Mohammadi, M. E. (2013). The Role of Public Relations in Organization. Arabian Journal of Business and Management Review (Nigerian Chapter), 1(10), 51.

Güllüpunar, H. (2013). Public Relations in Strategic Management: The Case of Metropolitan Municipalities in Turkey. Turkish Studies International Periodical for the Languages, Literature and History of Turkish or Turkic, 8(6), 218.

Herlambang, A. A. (2020, Mei 8). Dalangnya adalah Corona atau Media? Retrieved Juli 4, 2021 from https://www.ayosemarang.com/read/2020/05/08/56679/dalangnya-adalah-corona-atau-media

Kristanto, V. H. (2018). Metode Penelitian (Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Program Diploma Farmasi). Sleman: Deepublish publisher.

Kriyantono, R. (2008). Public Relation Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Prenada Media Grup.

Lengkong, M. A. (2017). Strategi Kampanye Pariwisata Kota Manado dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan: Studi Kasus Program Mari Jo Ka Manado. Universitas Multimedia Nusantara.

Putra, M. A., & Anshari, F. (2016). Cyber Public Relations dalam Klub Sepakbola di Indonesia: Studi Pada Persija Jakarta. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 7(1), 43-54.

Putri, R. S., & Larasati, M. (2014). Kampanye Program Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Ruslan, R. (2013a). Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ruslan, R. (2013b). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Setiawan, B., & Fithrah, D. S. (2018). Kampanye Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik Dalam Membentuk Persepsi Masyarakat Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi.

Smith, Ronald D. (2013). Strategic Planning for Public Relations. New York: Routledge.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3x Baca.Sleman: Deepublish Publisher.

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.

Yusuf. (2020). Direktorat Jendral Aplikasi Informatika Kominfo. From https://aptika.kominfo.go.id/2020/05/kominfo-temukan-1-401-sebaran-isu-hoaks-terkait-covid-19/

Published
2021-09-16
How to Cite
Syawalia Putri Chafilaudina, & Soegiarto, A. (2021). Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi TV Melalui Hastag #JadiPaham . CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 40-51. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2496
Section
Articles