Cover_JTDA_Vol_5_no_11.jpg

volume kelima nomor satu Journal of Tourism Destination and Attraction (JTDA). Mengawali edisi pertama dari tahun 2017 ini, JTDA menyajikan lima tulisan dengan topik yang variatif namun masih dalam tema besar destinasi dan atraksi pariwisata beserta segala isunyayang terkait.
Heryanti Utami melalui artikel berjudul “Pengembangan Potensi Ekowisata Desa Malasari, Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor” menganalisis pariwisata berbasis masyarakat atau Community Based Tourism (CBT) sebagai sebuah pendekatan dalam pengembangan pariwisata yang dinilai sebagai jawaban alternatif dari pengembangan pariwisata yang selama ini telah dikenal luas. Artikel ini membahas mengenai masyarakat Desa Malasari yang berada di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Selama ini, masyarakat menggunakan kawasan Taman Nasional untuk kepentingan mata pencaharian, terutama yang berhubungaan dengan hasil hutan. Dalam perkembangan selanjutnya dengan potensi alaminya, pariwisata menjadi solusi alternatif bagi masyarakat Desa Malasari. Sementara Mordahai Siburian, Devi Roza K. Kausar dan Riza Firmansyah membahas tentang Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Di Godong Ijo Depok Dengan Experiential Marketing. Penelitian ini membahas tentang penggunaan konsep experiential marketing yang menekankan pada keterlibatan konsumen secara aktif melalui penggunaan panca indera, emosi dan pikiran yang dianggap sesuai dengan karakteristik program wisata edukasi Godong Ijo yang melibatkan pengunjung atau wisatawan secara aktif.
Anggi Khoirunnisa, Devi Roza K. Kausar dan Yustisia P. Mbulu dalam artikelnya membahas tentang pengaruh aplikasi Safe Travel dalam keputusan berwisata ke luar negeri untuk pencarian dan pemesanan tiket pesawat dan modal transportasi lainnya serta akomodasi. Selain itu, aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) ini berisi informasi praktis yang diperlukan oleh warga negara Indonesia yang akan atau sedang bepergian di luar negeri untuk keperluan spesifik yang terdapat pada fitur darurat. Nungky Puspita, Yuwana M. Marjuka dan Meiti Azmi Efenly menganalisis Peranan Kelompok Sadar Wisata GerudeCare Belitong Dalam Pengembangan Destinasi Wisata Tanjung Kelayang. Penelitian ini membahas tentang pengembangan pariwisata yang ada di pantai Tanjung Kelayang telah melibatkan masyarakat, ini menunjukan bahwa konsep community based tourism sebagai salah satu konsep pengembangan pantai Tanjung Kelayang sudah berjalan. Masyarakat sekitar pantai Tanjung Kelayang sudah terlibat dalam kegiatan pengembangan pariwisata. Yustisia Pasfatima Mbulu, Raisya Kurnia Maidina dan Nungky Puspita membahas tentang Pengaruh Type Hedonic Shopping Motivation Terhadap Keputusan Berkunjung Tourist Shopper, dengan Studi Kasus di Grand Indonesia Shopping Town. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara type hedonic shopping dengan keputusan berkunjung di Grand Indonesia Shopping Town.

Published: 2019-08-01

Articles