Author Guidelines

Author Guidelines

Jurnal Teknobiz merupakan jurnal berkala ilmiah yang berfokus pada bidang teknik mesin. Naskah Jurnal Teknobiz berasal dari para akademisi / peneliti, dan praktisi industri yang melingkupi hasil dari penelitian, studi kasus, diskusi teori, dan review buku ilmiah, dimana naskah tersebut belum pernah dipublikasikan di jurnal berkala ilmiah manapun

Naskah yang masuk ke dalam Jurnal Teknobiz harus disusun dalam penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan baku. Para penulis yang naskahnya diterima di Jurnal Teknobiz mendapatkan konfirmasi transfer copyright dari Tim Editor sebagai pernyataan keaslian dari naskah tersebut.

Pedoman Umum

Susunan naskah terdiri dari judul naskah, nama penulis, nama institusi asal dan alamat email corresponding author, abstrak dan kata kunci, dan bagian inti naskah (pendahuluan, metodologi, hasil & pembahasan, kesimpulan), ucapan terima kasih, beserta daftar pustaka.

Naskah diketik dalam Program Microsoft Word dalam format kertas A4 (21 x 29.5 cm) dengan tipe huruf Times New Roman dan ukuran 10 pt, margin kertas 2.54 cm, spasi single dengan jumlah maksimum halaman naskah sebanyak 15 halaman termasuk tabel, gambar dan lampiran di dalamnya dengan pemberian nomor halaman di pojok kanan bawah setiap halaman. Gambar dan Tabel dimasukkan ke dalam tulisan inti. Naskah disusun dalam bentuk dua kolom, terkecuali untuk bagian abstrak yang ditulis dalam bentuk satu kolom.

Sub-sub judul ditulis dalam bentuk huruf kapital pada setiap awal kata dengan penomoran dan dicetak tebal dengan posisi sebelah kiri.

Contoh :

I.    PENDAHULUAN

I.1. Abcdefg

I.1.1 Hijklmn

Kata kalimat dalam bahasa asing ditulis dalam bentuk tulisan miring. Singkatan pertama kali ditulis di dalam kurung setelah kata-kata yang disingkatnya. Penulisan angka menggunakan US system. Contoh : 1,000,000 yang berarti 1 juta dan 2.5 yang berarti dua koma lima. Sistem satuan menggunakan Satuan Standar Internasional (SI). Contoh : meter, kilogram, dan sekon (detik). Simbol notasi ditulis menggunakan huruf miring dan disertai keterangannya pada pengungkapan pertama. Persamaan diberi nomor urut yang dituliskan di belakang persamaan dan di dalam tanda kurung.

Judul

Judul naskah diketik dengan tipe huruf Times New Roman – Bold 14 pt degan huruf besar di setiap awal kata terkecuali kata penghubung. Jumlah maksimal kata untuk judul sebanyak 15 kata. Posisi judul terletak di tengan kertas (center)

Nama Penulis, Instansi Asal, dan Corresponding Author

Nama penulis diketik dengan ukuran huruf Times New Roman – Bold 12 pt, tanpa ada gelar penulis yang diketik. Setiap nama penulis diikuti dengan superscript 1, 2, dst untuk menyatakan instansi asal si penulis. Nama institusi asal penulis ditulis tepat di bawah nama penulis dengan huruf Times New Roman 10 pt dan komposisinya terdiri dari alamat instansi asal dan kota instansi asal beserta superscript 1,2,dst untuk menyatakan instansi asal  penulis

Contoh : 1Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Srengseng Sawah, Jagakarsa, DKI Jakarta 12640 Indonesia

Setelah penulisan nama instansi asal, dituliskan alamat email corresponding author tepat di bawahnya dengan ukuran huruf yang sama dengan penulisan nama instansi asal.

Contoh : xxxxx@univpancasila.ac.id

Keseluruhan penulisan dalam posisi tengah (center)

Abstrak dan Kata Kunci

Judul kata “Abstrak” ditulis dengan huruf Times New Roman – Bold 12 pt diletakkan di tengah (center). Isi abstrak terdiri dari pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan yang tertulis secara singkat dengan batas maksimal kata sebanyak 250 kata dan kondisi penulisannya dalam bentuk Justify (rata kiri-kanan) dengan menggunakan huruf Times New Roman 10 pt. Penulisan abstrak dibagi menjadi dua yaitu Abstrak Bahasa Indonesia dan Abstrak Bahasa Inggris.

Kata kunci ditulis dengan jumlah kata sebanyak 5 buah, dan disusun secara alphabet. Posisi kata kunci terletak di bawah Abstrak, dengan penulisannya menggunakan huruf Times New Roman-10 pt. Setiap kata dipisah dengan tanda titik koma (;)

Pendahuluan

Penulisan pendahuluan terdiri dari latar belakang penelitian yang dilakukan, penelitian-penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan (state of the art), dan tujuan dari penelitian yang dilakukan. Penulisan diketik dalam huruf Times New Roman -12 pt dalam kondisi penulisan Justify (rata kiri-kanan)

Metodologi

Metodologi berkaitan dengan langkah-langkah metode yang dilakukan dalam penelitian untuk mencapai tujuan penelitian yang telah ditulis di bagian pendahuluan. Metodologi bisa bersifat metode eksperimen maupun analisis perhitungan dengan adanya penulisan rumus-rumus analisis. Rumus-rumus analisis diketik dengan menggunakan Mathematical Equation 3.0 pada Microsoft Word ataupun menggunakan software Math Type. Metode eksperimen juga membutuhkan data-data yang ditampilkan dalam bentuk Tabel dan Gambar.

Judul tabel dituliskan dalam posisi tengah (center) dengan menggunakan huruf Times New Roman 10 pt dan diletakkan di atas tabel. Setiap awal kata pada judul tabel selalu huruf besar. Posisi Tabel terletak di tengah

Contoh :

Tabel 1 Komposisi Ultimate dan Proximate Batok Kelapa

No.

Ultimate

Proximate

1

 

 

2

 

 

dst

 

 

Gambar dibuat dalam bentuk berwarna ataupun hitam putih (B/W) dengan ukuran resolusi sebesar 300 dpi. File gambar yang dapat dimasukkan ke naskah dalam bentuk format .jpg, .png, atau .tiff. Penulisan judul gambar di letakkan di bawah gambar dengan menggunakan huruf Times New Roman ukuran 10 pt dan dalam posisi tengan (center).

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan menampilkan hasil perolehan data penelitian, analisis data, temuan-temuan spesifik serta perbandingan-perbandingan terhadap penelitian yang sebelumnya telah dilakukan yang dibahas secara mendetail hubungan sebab-akibat dari kondisi tersebut. Penulisan diketik dalam huruf Times New Roman – 12 pt dalam kondisi penulisan Justify (rata kiri-kanan).

Kesimpulan

Kesimpulan mengacu terhadap jawaban dari tujuan penelitian yang telah dirancang sebelumnya yang mengacu terhadap kondisi hasil utama secara keseluruhan penelitian yang dilakukan. Penulisan kesimpulan tidak melakukan penulisan ulang terhadap kondisi hasil dan pembahasan sebelumnya. Penulisan diketik dalam huruf Times New Roman – 12 pt dalam kondisi penulisan Justify (rata kiri-kanan).

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih dilakukan terhadap orang-orang maupun instansi yang mendukung terlaksananya penelitian yang telah dilakukan tersebut. Penulisan diketik dalam huruf Times New Roman – 12 pt dalam kondisi penulisan Justify (rata kiri-kanan).

Referensi / Daftar Pustaka

Penulisan Daftar Pustaka menggunakan software Mendeley, dengan menggunakan pedoman sitaksis berupa angka [1], [2], [3], dst. Daftar Pustaka menggunakan referensi berasal dari jurnal ilmiah yang bereputasi dengan sekurang-kurangnya lima tahun terakhir sebelum naskah akan di submit ke jurnal Teknobiz. Pedoman penggunaan Software Mendeley dapat di klik tautannya disini.

Contoh :

Jurnal

  • Xiao Y, Wang X, Wang X, Dang C, Lu M. Behavior analysis of wind power producer in electricity market. Applied Energy 2016; 171(1): 323-35.

Prosiding

  • Rashidi M, Kadambi J, Ebiana A, Ameri A. The effect of number of blades on the performance of helical- Savonius Vertical Axis Wind Turbines. Proceedings of the ASME 2012 International Mechanical Engineering Congress & Expositio, Texas: 2014, 12(1): 1-4.

Buku

  • Ansys Fluent Theory Guide. Canonsburg, USA: ANSYS Inc; 2009.

Keseluruhan naskah tersebut dikirim secara online melalui website Teknobiz dengan melakukan registrasi awal terlebih dahulu bagi para penulis di website http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/teknobiz. Apabila mengalami kendala dalam proses registrasi ataupun submit naskah di website tersebut, dapat dinyatakan ke alamat email redaksional Jurnal Teknobiz ke teknobiz@univpancasila.ac.id