Analisis Material Berbasis Polyurethane Foam Infill (PUF) Untuk Head Lining Atap Kendaraan.

  • ALIMUDIN Program Studi Magister Teknik Mesin, Universitas Pancasila
  • Djoko Karmiadji
DOI: https://doi.org/10.35814/teknobiz.v10i1.1354
Abstract views: 13 | PDF downloads: 24
Keywords: headlining, polyurethane foam infill,, insulasi suara, insulasi termal

Abstract

Headlining yang semula hanya terbuat dari kain, kemudian bergeser terbuat dari vinil maupun plastik yang lebih menarik bentuknya dan mudah dibersihkan. Proses pemasangannya pun relatif mudah dengan hanya menggunakan adhesive (lem). Headlining seharusnya mempunyai karakter dengan sifat isolasi terhadap suhu tinggi serta kedap suara yang tinggi. Studi dan prediksi dari kemampuan material dalam hal sound insulation dan absorption, yang meliputi karpet, headliner trims, heavy insulation layers dan films, telah menjadi item yang sangat menarik bagi para konsultan akustik, yang terlibat pada proses desain akustik kendaraan. Penelitian ini membahas susunan material yang dihasilkan untuk headlining mampu memenuhi standar performansi sesuai dengan Standar TSL0600G dari target berat dan ketebalan yang telah ditetapkan dan akan digunakan pada salah satu model kendaraan passenger car. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu susunan atau lapisan material headlining dalam kendaraan memenuhi target standar TSL0600G yaitu tebal substrate 5 mm, skin 1 mm, berat substrate 465 gsm dan skin 180 gsm tanpa mengurangi performance material atau standar koefisien penyerapannya. Pengaruh porositas material akustik pada pengujian sampel headlining adalah dapat meningkatkan nilai koefisien serapan sampel pada range frekuensi <1000 Hz yang nilai koefisien serapannya dapat meningkat sampai 0,26%. Pada range frekuensi >1000-2500 Hz yang nilai koefisien serapannya dapat meningkat sampai 0,85%, Pada range frekuensi >2500-6300Hz yang nilai koefisien serapannya dapat meningkat sampai 0,95%. Material Headlining yang mampu memenuhi target substrate tebal dan berat seperti yang disyaratkan pada TSL3616G-1, yaitu target tebal adalah 5 mm dan target berat sebesar 465 g/m2. Material Headlining yang mampu memenuhi target skin tebal dan berat seperti yang disyaratkan pada TSL3610G-4, yaitu target tebal adalah 1 mm dan target berat sebesar 180 g/m2

Published
2020-03-14
Section
Articles