ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM
Studi Kasus: SPAM Sukabumi
Abstrak views: 88 | pdf (English) downloads: 142
Abstrak
Air minum merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dan sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan pertumbuhan ekonomi tanah. Kota Sukabumi selama. Sementara pada tahun 2020, jumlah penduduk kota Sukabumi sebanyak 346,325 ribu jiwa. Ketersediaan air minum merupakan salah satu penentu tingkat kesejahteraan masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan mendorong produktivitas masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan Masyarakat terhadap ketersediaan air minum di kota Sukabumi.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Tingkat kepuasan pengguna SPAM terhadap kualitas pelayanan dan Untuk mengetahui tingkat kesesuaian pelayanan terhadap pengguna SPAM di Sukabumi Pengumpulan data di dapat dari data primer yaitu observasi kawasan dan penyebaran kuesioner dan data sekunder yang di dapat dari peta lokasi, studi pustaka, dan keputusan direksi perusahaan daerah air minum kota Denpasar No. 63 A/PDAM/KPTS/2011 tentang ketentuan Standar Pelayanan Minimum. Metode analisis yang digunakan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA) yaitu membandingkan skor kenyataan dengan harapan dengan batas pengambilan keputusan sesuai dengan nilai yang telah dihitung sebesar 91.84% dan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mendapatkan nilai kepuasan pelanggan SPAM untuk pengembangan SPAM di Sukabumi yaitu sebesar 86,87% yang menunjukkan bahwa pelanggan merasa “Sangat Puas” terhadap kinerja Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi