Sharing Experience dalam Menyikapi Lingkungan Masyarakat pada Orang Tua di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Provinsi Kalimantan Selatan

  • Kholifah
  • Islamyta Rahmi Azzahra
  • Nur Isma Hayati
  • Mahdia Fadhila
  • Siti Faridah
  • Fazrian Ridhoni
Keywords: Environment, parents, sharing experience

Abstract

Memiliki anak dengan gangguan autis akan menjadi sebuah tantangan yang besar bagi para orang tua. Kondisi anak yang lebih istimewa dibandingkan dengan anak lain menjadi sebuah cobaan bagi orang tua untuk menerima keadaan dan senantiasa bersabar serta bersandar kepada Allah Swt. Pelaksanaan pengabdian ini berdasarkan perspektif kualitatif fenomenologis yang bertujuan untuk dapat mengungkap dan mempelajari serta memahami suatu fenomena yang khas dan unik yang dialami individu. Metode sharing experience bisa digunakan oleh orang tua sebagai wadah untuk bertukar informasi, pengetahuan, pengalaman mereka dan bahkan bisa menjadi sebuah sarana untuk menghilangkan stres, berbagi strategi dalam merawat anak, serta bagaimana cara menghadapi lingkungan masyarakat. Sharing experience ini dilakukan bersama dengan dua orang tua atau lebih tepatnya dua orang ibu yang sedang menunggu anaknya. Sambil menunggu anaknya yang sedang diterapi, para orang tua biasanya menunggu diperpustakaan atau ruang tunggu sambil berbincang dengan orang tua lainnya. Berdasarkan kegiatan sharing experience yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua ibu tersebut memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi orang-orang dilingkungan sekitar mereka. Perbedaan lingkungan tempat mereka tinggal bisa menjadi salah satu alasan mengapa mereka memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi sesuatu.

References

Chodidjah, Siti, dan Alfani Prima Kusumasari. 2018. “Pengalaman Ibu Merawat Anak Usia Sekolah Dengan Autis.” Jurnal Keperawatan Indonesia Volume 21 No.2, no. Juli (Juli).
Effendy, Yudy. 2012. Sabar & Syukur: Rahasia Meraih Hidup Supersukses. QultumMedia.
Jauziyyah, Ibnul Qayyim al-. 2016. Uddatush Shabirin: Bekal untuk Orang-orang yang Sabar. Jakarta: Qisthi Press.
Karomah Annisatuliza. 2020. “Daya Juang Orang Tua Anak Autis.” S1, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/84554/.
khalilaindriana. 2015. “5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berbagi Pengalaman Hidup.” Izwie.com.https://www.izwie.com/2015/03/5-alasan-kenapa-kamu-harus-berbagi.html.
Marettih, Anggia Kargenti Evanurul, dan Sri Rahmi Wahdani. 2017. “Melatih Kesabaran Dan Wujud Rasa Syukur Sebagai Makna Coping Bagi Orang Tua Yang Memiliki Anak Autis.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender 16, no. 1 (September): 20–21. https://doi.org/10.24014/marwah.v16i1.3561.
Mukhsin, Raudhah, Palmarudi Mappigau, dan Andi Nixia Tenriawaru. 2017. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Tahan Hidup Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kelompok Pengolahan Hasil Perikanan Di Kota Makassar.” Jurnal Analisis Vol. 6 No. 2 (Desember): 188–193.
Purnamasari, Oktaviana, Pudji Muljono, Kudang Boro Seminar, dan Dodik Briawan. 2019. “Komunitas Virtual Sebagai Bentuk Dukungan Sosial Bagi Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme.” JURNAL PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan) Vol. 20 No. 2 (Desember).
Syukur, Muhammad Amin. 2012. “Sufi Healing: Terapi Dalam Literatur Tasawuf.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 20, no. 2 (Desember): 400–401.
Ulum, Khoirul, dan Ahmad Khoirur Roziqin. 2021. “Sabar Dalam Al-Qur’an.” Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an Dan Hadist 4, no. 1 (Januari): 140. https://doi.org/10.35132/albayan.v4i1.106.
UTAMI, Wulan. 2009. “Penerapan Metode Berbagi Pengalaman Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X Semester 2 Sman 2 Bandung).” Other, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/1338/.
Wulandari, Desi, dan Nailul Fauziah. 2019. “Pengalaman Remaja Korban Broken Home (Studi Kualitatif Fenomenologis).” Jurnal EMPATI 8, no. 1 (Januari): 1–9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23567.
Published
2022-11-30
How to Cite
Kholifah, Rahmi Azzahra, I., Isma Hayati, N., Fadhila, M., Faridah, S., & Ridhoni, F. (2022). Sharing Experience dalam Menyikapi Lingkungan Masyarakat pada Orang Tua di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Provinsi Kalimantan Selatan. Devotion : Jurnal Pengabdian Psikologi, 1(02), 99-107. Retrieved from https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/Devotion/article/view/3999
Section
Articles