PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, INTELLECTUAL CAPITAL DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Bahasa Indonesia

  • Retno Indarti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Nelyumna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Eka Sudarmaji Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jiap.v1i2.2574
Abstrak views: 383 | pdf (English) downloads: 522

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh corporate social responsibility, intellectual capital dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan data sekunder. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017–2019. Pemilihan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria sampel yang telah ditetapkan, maka sampel yang dipilih adalah 16 perusahaan dengan total 46 data observasi. Model analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 22.0 dengan melakukan beberapa tahap pengujian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility dan intellectual capital berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkanb struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Intellectual Capital, Struktur Modal, Nilai Perusahaan.

Diterbitkan
2021-09-14
Bagian
Articles