PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI PERIODE 2019-2022

  • MARSELA ANGGI YANI UNIVERSITAS PANCASILA
  • Yetty Murni Universitas Pancasila
  • Eka Sudarmaji Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jiap.v4i2.6438
Abstrak views: 66 | PDF (English) downloads: 161
Kata Kunci: Profitabilitas, Struktur Modal, Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dampak dari profitabilitas, struktur modal, dan corporate social responsibility perusahaan terhadap nilai perusahaan, dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi dalam sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian dilakukan selama empat tahun, mulai dari tahun 2019 hingga 2022. Sebanyak 17 perusahaan dipilih sebagai sampel penelitian yang memenuhi kriteria melalui metode purposive sampling. Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, struktur modal, dan ukuran perusahaan memiliki dampak signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh struktur modal dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Namun, tanggung jawab sosial perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan tidak memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.

Diterbitkan
2024-09-26
Bagian
Articles