Scale-Up Brand: Upaya Alternatif Keberlanjutan Bisnis UMKM

  • Agustin Palupi Program Studi Akuntansi Trisakti School of Management
  • Luh Putu Virra Indah Perdanawati Program Studi Manajemen Universitas Ngurah Rai Bali
  • Maulina Agustiningsih Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Bangkinang
  • Rista Bintara Program Studi Akuntansi Universitas Mercubuana
  • Vaya Juliana Dillak Program Studi Akuntansi Universitas Telkom
  • Victor Pinondang Mahasiswa Doktoral Ilmu Akuntansi Universitas Padjajaran
  • Wahyudin Zakarsi Program Studi Akuntansi Universitas Padjajaran
  • Srihadi Srihadi Program Studi Akuntansi Universitas Padjajaran
  • Citra Sukmadilaga Program Studi Akuntansi Universitas Padjajaran
DOI: https://doi.org/10.35814/suluh.v4i2.4365
Abstract views: 256 | PDF downloads: 289
Keywords: Branding, E-commerce, Website, UMKM

Abstract

UMKM Kirtania Wayang Kamasan merupakan usaha mikro yang bergerak di bidang kerajinan seni lukis khas Wayang Kamasan. Saat awal didirikan, sistem produksi berupa pembuatan dengan pesanan order terlebih dahulu namun secara perlahan saat ini telah mulai menyiapkan stok produk di Homestore. Dampak pandemi COVID-19 menyebabkan permintaan produk juga tersebut mengalami penurunan drastis. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan  pada  aspek  manajemen  usaha terkait proses produksi, penguatan branding dan juga peningkatan target  pasar melalui direct selling maupun digital marketing. Tahapan pertama pada saat identifikasi masalah terlihat bahwa masalah internal utama yang dihadapi adalah aspek bisnis terkait kurangnya SDM pelukis yang menyebabkan ketidakpastian proses produksi, branding serta pangsa pasar produk. Untuk itu, tahap kedua adalah tim pelaksanakan kegiatan melakukan kunjungan dan mengedukasi proses produksi hingga keselamatan kerja. Tim pelaksana juga membuat profil usaha pada website guna mencari peluang penjualan secara digital marketing. Peningkatan penjualan secara langsung juga dilakukan melalui bazar maupun pameran. Pendampingan pakar dilakukan melalui webinar sebanyak dua kali dengan tema strategi bisnis dan branding. Sebagai upaya evaluasi kegiatan, maka tim pengabdian masyarakat secara langsung melakukan komunikasi dan evaluasi dengan pemilik UMKM. Kegiatan pendampingan menghasilkan indentifikasi proses dan target  produksi serta penguatan brand dalam meningkatkan pemasaran.

Published
2023-02-08
How to Cite
Palupi, A., Putu Virra Indah Perdanawati, L., Agustiningsih, M., Bintara, R., Dillak, V. J., Pinondang, V., Zakarsi, W., Srihadi, S., & Sukmadilaga, C. (2023). Scale-Up Brand: Upaya Alternatif Keberlanjutan Bisnis UMKM. SULUH: Jurnal Abdimas, 4(2), 156-167. https://doi.org/10.35814/suluh.v4i2.4365