Pengembangan Sentra Industri Rambak Kulit Melalui Peningkatan Product Value Dan Pengelolaan Organisasi

  • anitaotd usahid surakarta
  • Erna Indriastiningsih Universitas Sahid Surakarta
  • Ahmad Khoirul Anwar Universitas Sahid Surakarta
DOI: https://doi.org/10.35814/suluh.v6i2.7893
Abstract views: 3 | PDF downloads: 2
Keywords: product value; organisasi indutri; pemasaran

Abstract

Kondisi sentra industri rambak di Desa Plosowangi belum mengalami perkembangan yang signifikan. Usaha rambak masih dijalankan dengan sumber daya terbatas dan jumlah permintaan yang cenderung stagnant. Selama ini, belum ada upaya signifikan yang dilakukan oleh pelaku usaha rambak di sentra rambak kulit sapi Desa Plosowangi untuk mengembangkan usaha. Usaha rambak umumnya hanya dikerjakan oleh dua orang dalam satu keluarga dan diwariskan secara turun temurun. Selain itu, masing-masing penjual di sentra rambak kulit, Desa Plosowangi justru saling bersaing, termasuk dalam hal persaingan harga. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan sentra industri rambak di desa Plosowangi, Kec. Cawas, Kab. Klaten sehingga dapat membuka lebih banyak lapangan kerja bagi penduduk sekitar pada khususnya, serta warga di luar sentra rambak tersebut pada umumnya. Solusi yang ditawarkan pada pengabdian ini adalah memberikan pelatihan tenntang product value, penggunaan marketplace dan media sosial dalam pemasaran, serta pembentukan struktur organisasi paguyuban sentra.

References

Alifah, N., Hidayat, A. R., & Maulani, I. E. (2023). The Role of Digital Marketing For Micro, Small and Medium Enterprises in the Era of The Asean Economic Community. Journal of Comprehensive Science, 2(I), 1–5.
Andini, Yabi, I., Fadlia, Putri, A., & Afansyah, M. A. (2024). PENINGKATAN NILAI PRODUK USAHA MIKRO , KECIL , DAN MENENGAH ( UMKM ) DESA AWU KECAMATAN LUWUK UTARA KABUPATEN BANGGAI DI ERA DIGITAL. Menara Kearifan, Jurnal Pemabdian Masyarakat, 3(1), 28–34.
Cahrianto, C., Sunarmo, S., Widuhung, S. D., Arsyad, A. T., Halim, A., & Lakhsamana, N. D. (2024). Sosialisasi Dan Pendampingan Strategi Pemasaran Pada Umkm Dapur Momy Kean Di Bekasi. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 294–301. https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.45933
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran.
Maulana, Z., Chanif Hidayat, M., & Agustina, I. (2022). Using Digital Marketing for Small and Medium Enterprises (SMEs) in Bumdes Remboko Sumberrejo Village Sleman Regency. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 3(1), 31–38. https://doi.org/10.12928/spekta.v3i1.4563
Prasnowo, M. A., Khomaruddin, A., & Hidayat, K. (2017). Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Menengah Produksi Krupuk. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 17. https://doi.org/10.51804/tesj.v1i1.64.17-24
Prastiwi, R. F., Komariah, A., & Ahya, R. (2020). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor Industri Jenang Krasikan Menggunakan Metode (Swot) (Studi Kasus Di Sentra Industri Jenang Desa Tangkisan. Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 1(2), 44. https://doi.org/10.32585/japti.v1i2.1379
Prihatini, P., & Devi, A. O. T. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mie Gacoan Wilayah Surakarta Dan Sukoharjo. Journal of Business Finance and Economic (JBFE), Volume 4, 116.
Purbasari, R., & Sukmadewi, R. (2024). Optimalisasi Digital Marketing Melalui Tiktok Marketing Bagi Startup Bisnis Di Jawa Barat. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.53680
Sabaruddin, R., adatul Adawiah, R., & Muldani, V. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen PT . Mahkota Sukses Indonesia ( Studi Kasus pada Konsumen PT . Mahkota Sukses Indonesia di Parepare ). Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5926–5934.
Suseno, P., Dharmosamoedero, D. P., & Devi, A. O. T. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Makanan Ringan dengan Analisis Swot ( Studi Kasus di Home Industry “ Si Bolang ” Kabupaten Sragen ) 1 st E-proceeding SENRIABDI 2021. 1, 1167–1172. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/
Tsaniya, R., & Telagawathi, N. L. W. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kedai Kopi Nau Kecamatan Seririt. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(1), 32–39. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i1.34390
Wahyuni, P. R., Rahman, S. A., & Muchtar, R. P. M. (2023). Pembekalan Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM di Desa Baban, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. ABDINA: Jurnal Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Published
2025-02-12
How to Cite
anitaotd, Erna Indriastiningsih, & Ahmad Khoirul Anwar. (2025). Pengembangan Sentra Industri Rambak Kulit Melalui Peningkatan Product Value Dan Pengelolaan Organisasi. SULUH: Jurnal Abdimas, 6(2), 21-220. https://doi.org/10.35814/suluh.v6i2.7893