Pelatihan Animaker Pada Pembuatan Iklan Animasi 2D Produk UMKM Pamulang
Abstract views: 220 | PDF downloads: 272
Abstract
Makin maraknya media promosi membuat persaingan penjualan produk semakin tinggi pula. Bahkan saat ini, penjualan secara digital didominasi para pelaku UMKM melalui sosial media. Penggunaan media tersebut tentunya perlu didukung dengan konten promosi yang menarik pula dalam mengiklankan produk. Inilah yang kemudian tim Jurusan Teknik Informatika Universitas Trisakti lakukan, dimana akan dibuat sebuah pelatihan untuk para pelaku UMKM Pamulang dalam mengembangkan konten iklan animasi guna mempromosikan produk-produk yang dijual dan memberi bekal kemampuan mereka dalam membuat iklan berbentuk MP4 menggunakan aplikasi daring Animaker. Dalam pelaksanaannya pada hari Sabtu 18 Desember 2021, pelatihan ini diikuti secara daring melalui ZOOM oleh 14 peserta dan 7 panitia yang terdiri dari 2 sesi, yaitu sesi pengenalan Animaker dan sesi studi kasus pembuatan iklan produk fashion. Berdasarkan hasil kuisioner saat pendaftaran, diketahui bahwa 79.3% dari 29 peserta yang mendaftar belum mengetahui cara membuat iklan animasi dan sebanyak 89.7% belum mengetahui tentang Animaker. Selain itu, 75.9% dari total peserta UMKM yang mendaftar beriklan melalui media sosial, dengan sisanya masih menggunakan brosur cetak maupun digital. Kemudian dari hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan, didapat umpan balik yaitu 80% peserta yang hadir menyatakan mampu menerapkan Animaker secara mandiri dan pelatihan ini sangat berguna dalam mempromosikan usaha mereka nantinya.
Copyright (c) 2023 SULUH: Jurnal Abdimas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.