Optimasi Potensi Lokal Melalui Pemanfaatan Tanaman Sekitar
Abstract views: 20 | PDF downloads: 19
Abstract
Bisnis hijau dan berkelanjutan adalah aktivitas ekonomi dan bisnis yang mengedepankan keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Bisnis hijau salah satunya berupaya untuk memanfaatkan tanaman sekitar sebagai bahan baku yang dikreasikan menjadi produk fashion inovatif yang bernilai ekonomis, dengan tidak merusak alam sekitar. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pembekalan kepada Siswa Kelas 12 SMA Yaspen Tugu Ibu - Depok berupa pelatihan membuat produk ECOPRINT dengan mengoptimasi potensi lokal melalui pemanfaatan tanaman sekitar. . Permasalahan peserta pelatihan yang dihadapi adalah 1) Belum semua memahami pengertian Wirausaha Hijau, 2) Belum semua memahami jenis produk yang berbasis wairausaha hijau, 3) Belum muncul ide bisnis berbasis ekonomi wirausaha hijau. Solusi yang diberikan adalah 1) memberikan semangat dan motivasi bagi para siswa berupa mindset kewirausahaan Hijau. 2) Membuka paradigma berpikir para siswa dengan mindset kewirausahaan Hijau untuk berpikir kreatif dan inovatif melalui pemanfaatan tanaman sekitar sebagai bahan baku untuk membuat ecoprint sehingga bernilai ekonomis. Target yang diharapkan adalah pola pikir berkembang dan memeroleh ide bisnis dari tanaman sekitar yang dapat dijadikan bahan baku tanpa biaya yang akan membuka peluang bisnis. Luaran yang harapkan kegiatan ini dapat dijadikan model pelatihan berkelanjutan dalam menjaga lingkungan dengan sekaligus menciptakan produk inovatif ramah lingkungan
References
Cohen, B., & Winn, M. I. (2007). Market imperfections, opportunity, and sustainable entrepreneurship. Journal of Business Venturing*, 22(1), 29-49.
Fitriani, L. (2022). Pengembangan Karir di Sektor Hijau. Jurnal Ekonomi Berkelanjutan,16(3), 94-105.
Fauzi, A. (2021). Generasi Hijau: Menciptakan Pengusaha Ramah Lingkungan., Jurnal Ekonomi Hijau, 18(1), 45-57.
Handayani, M. (2020). Pendidikan Kewirausahaan Hijau di Era Digital. Jurnal Pendidikan Hijau, 13(2), 98-109.
Hidayat, R., & Nurhayati, S. (2020). Kreativitas dalam Pendidikan Kewirausahaan Hijau. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(2), 89-98.
Hockerts, K., & Wüstenhagen, R. (2010). Greening Goliaths versus emerging Davids – Theorizing about the role of incumbents and new entrants in sustainable entrepreneurship. Journal of Business Venturing, 25(5), 481-492.
Kurniawan, T. (2019). Pengembangan Bisnis Berkelanjutan di Kalangan Pelajar. Jurnal Ekonomi Hijau, 13(2), 101-112.
Nugroho, B., & Santoso, D. (2020). Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, 9(2), 87-99.
Pratiwi, L. (2019). Teknik Ecoprint: Alternatif Pewarnaan Alami yang Ramah Lingkungan. Jurnal Seni dan Desain, 8(4), 134-145.
Putri, A. (2021). Inovasi Produk Ramah Lingkungan di Kalangan Pelajar. Jurnal Kreativitas dan Inovasi, 12(2), 56-67.
Rahmawati, I. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Hijau di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kewirausahaan, 17(3), 56-68.
Savitri Noor, L., Widyastuti, S., Retno, B., Susilawati, & Ateniyanti. (2023). Pengembangan Mindset Kewirausahaan Bagi UMKM Binaan BUMDES Serdang Tirta Kencana Tangerang. SULUH: Jurnal Abdimas, 5(1), 47-55. https://doi.org/10.35814/suluh.v5i1.4074
Sari, M. (2021). Integrasi Pendidikan Kewirausahaan Hijau di Sekolah Menengah. Jurnal Ekonomi Hijau, 15(1), 45-56.
Schaltegger, S., & Wagner, M. (2011). Sustainable entrepreneurship and sustainability innovation: categories and interactions. Business Strategy and the Environment, 20(4), 222-237.
Simatupang, D. (2020). Pendidikan Lingkungan dalam Kurikulum Sekolah. Jurnal Pendidikan Hijau, 12(3), 211-222.
Susanti, D., & Wijaya, H. (2020). Kreativitas Siswa Melalui Teknik Ecoprint. Jurnal Seni dan Budaya, 9(3), 102-114.
Utami, A. (2022). Ecoprint dan Dampak Lingkungan dalam Industri Tekstil.Jurnal Ilmu Lingkungan, 11(1), 23-34.
Wibowo, S. (2021). Peran Pelajar dalam Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Ecoprint. Jurnal Ekonomi Kreatif, 14(4), 123-134.
Wulandari, S. (2020). Kesadaran Ekologis Melalui Pendidikan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup , 10(2), 67-78.
Yuliana, F. (2022). Inovasi dalam Pendidikan Kewirausahaan Hijau. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 73-85.
York, J., & Venkataraman, S. (2010). The entrepreneur–environment nexus: Uncertainty, innovation, and allocation. Journal of Business Venturing, 25(5), 449-463.
Copyright (c) 2025 SULUH: Jurnal Abdimas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.