“AKSIAP” Sebagai Inovasi Model Pendidikan Antikorupsi Berbasis Karakter

  • Dewi Ambarwati Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Dafis Ubaidillah Assiddiq Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Raden Rahmat Malang
DOI: https://doi.org/10.35814/suluh.v4i1.3252
Abstract views: 271 | PDF downloads: 276
Keywords: Korupsi, Anak, Indonesia, Madrasah, Islam

Abstract

Korupsi merupakan perbuatan yang tidak manusiawi dan merupakan perbuatan pembusukan moral yang sangat merugikan. Moralitas dan karakter sejatinya dapat diinternalisasi dengan cara memberikan pendidikan karakter bagi anak usia dini. Pembentukan karakter yang mengutamakan sikap dan sifat yang berintegritas merupakan pola dan landasan yang digunakan sebagai metode agar anak dapat mengetahui dan memahami dengan mudah perihal sikap dan nilai-nilai anti korupsi di sekolah atau madrasah. MI Miftahul Huda merupakan Madrasah Ibtidaiyah yang menggunakan sistem pendidikan dengan pengembangan kurikulum berbasis agama sehingga dapat dengan mudah berintegrasi dengan pendidikan anti korupsi bagi anak usia dini. Tulisan ini mengkaji tentang efektivitas pendidikan anti korupsi bagi anak usia dini pada MI Miftahul Huda Kepanjen Malang. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui metode atau cara memperkenalkan perilaku koruptif dan nilai anti korupsi bagi anak, khususnya bagi peserta didik MI Miftahul Huda dengan rentang usia 8-12 tahun. Hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu: (1) bahwa setelah diadakannya kegiatan pengenalan perilaku koruptif dan nilai anti korupsi, anak-anak dapat membedakan perilaku yang cenderung korup atau tidak, (2) setelah kegiatan selesai, anak-anak mampu mengingat, menjelaskan dan mencontohkan nilai-nilai anti korupsi dan (3) metode bercerita (story telling) dan bermain boardgame merupakan metode yang paling efektif ketika digunakan sebagai media belajar bagi anak usia dini. Sehingga dapat disimpulkan lebih lanjut bahwa pengenalan perilaku koruptif dan nilai-nilai anti korupsi sangat efektif untuk memberikan pemahaman secara holistik mengenai bahaya dan dampak korupsi bagi perkembangan bangsa.

Published
2022-08-26
How to Cite
Dewi Ambarwati, & Dafis Ubaidillah Assiddiq. (2022). “AKSIAP” Sebagai Inovasi Model Pendidikan Antikorupsi Berbasis Karakter. SULUH: Jurnal Abdimas, 4(1), 8-24. https://doi.org/10.35814/suluh.v4i1.3252