Desiminasi Produk Teknologi Mekanik Pada Sekolah Kejuruan Dalam Proses Pembelajaran

  • Erlanda Pane Universitas Pancasila
  • Yani Kurniawan Universitas Pancasila
  • Reza Abdu Rahman Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/suluh.v6i2.5473
Abstrak views: 4 | PDF (English) downloads: 1

Abstrak

Pendidikan menengah kejuruan merupakan pendidikan jenjang menengah yang diterapkan untuk mengembangkan bakat serta keahlian siswa kejuruan dalam melakukan pekerjaan yang berorientasi pada kebutuhan dunia industri. Tujuan pendidikan menengah tersebut dapat diwujudkan dengan dukungan kegiatan praktikum kerja di bengkel kerja yang memiliki sistem sarana dan prasarana yang optimal. Namun, kondisi penyebaran sarana dan prasarana praktikum pada bengkel kerja Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih belum tersebar secara merata pada saat ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penguatan dari sisi aspek pengadaan material praktikum kerja pada bengkel kerja SMK menjadi salah satu bentuk program pengembangan bengkel kerja SMK yang bertujuan untuk mewujudkan kegiatan aktivitas praktikum yang berjalan secara efektif dan efisien dari sisi waktu praktikum dan pemahaman siswa kejuruan terhadap materi mata pelajaran di bengkel kerja. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini antara lain identifikasi permasalahan yang ditemukan dalam proses pengembangan bengkel kerja Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), melakukan uji fungsional dan kinerja awal dari prototipe mobil, melakukan penyuluhan dan pembekalan Standar Operasional Prosedur (SOP) prototipe mobil. Hal ini memberikan dampak positif terhadap pengembangan bengkel kerja Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam pemenuhan kondisi sarana dan prasarana bengkel kerja terutama pada ketersediaan material kerja praktikum di bengkel kerja.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila

Referensi

Chairunnisa, C. (2016). Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. PT Rajagrafindo Persada.
Fauzan, A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Suffah Hisbullah Natar Lampung Selatan. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 255-258. https://doi.org/10.25217/ji.v3i1.240
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. CV Budi Utama.
Kuswana, W.S. (2013). Filsafat Teknologi, Vokasi, dan Kejuruan. Alfabeta.
Langeningtias, U., Musyaffa’Putra, A., & Nurwachidah, U. (2021). Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(7), 1269-1282. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.236
Setiawati, T.C., Subchan W., Prastowo, S., & Basuki. (2023). Penyusunan Dokumen Mutu Laboratorium Guna Peningkatan Kualitas Pengelolaan Laboratorium di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN). PengabdianMu. 8(3), 421-429. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i3.4720
Syafrudie. (2004). Standar Minimal Laboratorium, Workshop dan Studio Pendidikan Teknologi Kejuruan Jenjang S1. Arsip Departemen Pendidikan Nasional.
Tazkiah, S., Suherman, A., & Yayat. (2016). Optimalisasi Fasilitas Alat Praktik Untuk Mencapai Tuntutan Kompetensi Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 263-269. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4560
Ulfa, F.A., Noor, R.A.M., Permana, T., Mubarak, I., Gifari, M.M.A., Putra, I., & Supriyatna, D. (2020). Exploration Study of the Use of Practicum Tools Teaching for Vocational Study Motorcycle Businees Engineering in SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 7(1), 25-35. https://doi.org/10.17509/jmee.v7i1.29438
Yoto, D., Kustono., Marsono., & Nurmalasari, R. (2020). Mencegah Kecelakaan Kerja Melalui Peningkatan Kompetensi Manajemen Bengkel/Laboratorium Pendidikan bagi Guru SMK di Wilayah Kabupaten Trenggalek. Jurnal Karinov, 3(3), 189-194. https://doi.org/10.17977/um045v3i3p189-194
Diterbitkan
2025-02-12