PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN POSDAYA SOKA JAKARTA SELATAN DALAM PEMBUATAN YOGURT TINGGI ASAM FOLAT
Abstrak views: 46 | PDF (English) downloads: 33
Abstrak
POSDAYA merupakan kepanjangan dari Pos Pemberdayaan Keluarga adalah suatu forum silaturahmi advokasi, komunikasi, informasi, edukasi, dan wadah koordinasi kegiatan penguatan fungsi keluarga secara terpadu. POSDAYA Soka di Jatayu Raya Kampung Duku Jl. Al-Barokah RW012 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan adalah bagian dari program pemberdayaan masyarakat oleh Yayasan Damandiri dalam Program Tabur Puja (Tabungan Pundi Sejahtera) sejak tahun 2012. Salah satu usaha POSDAYA adalah penjualan produk kuliner. Diversifikasi produk belum dilakukan. Pemasaran produk pun masih sederhana. Pengelolaan pembukuan keuangan juga masih konvensional. Hal ini menyebabkan nilai ekonomi kegiatan POSDAYA belum sesuai dengan harapan. Masih kurangnya pemahaman mitra tentang pemanfaatan teknologi untuk melakukan pemasaran online menjadi salah satu penyebabnya. Pada kegiatan ini mitra didorong diversifikasi produk usahanya dengan memproduksi yogurt yang tinggi asam folatnya sehingga sangat baik untuk kebutuhan ibu hamil dan menyusui. Produk untuk ibu hamil dan menyusui merupakan produk yang memiliki segmen pasar yang spesifik dan diharapkan dapat menstimulasi peningkatan hasil penjualan POSDAYA. Untuk itu, kemampuan mitra ditingkatkan dalam membuat yogurt yang tinggi asam folat hasil dari penelitian dosen Fakultas Farmasi Universitas Pancasila. Target berikutnya adalah solusi dari masalah pemasaran produk, baik penyiapan desain kemasan dan cara menyiapkan konten untuk cara pemasaran digital melalui media sosial. Dalam rangka pencapaian target, kegiatan dilakukan dengan edukasi, pelatihan, pendampingan, dan monitoring-evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan mitra dalam membuat yogurt berasam folat tinggi, dapat membuat bahan promosi digital, dan dapat melakukan pemasaran secara online. Hasil ini diharapkan dapat diimplemantasi secara berkelanjutan untuk menunjang ekonomi perempuan di POSDAYA Soka.
Referensi
2. Muljono P, 2013. Replication of Posdaya for community empowerment programe: case study at Situgede Village, Bogor, Indonesia. Asian Journal of Humanities and Social Sciences (AJHSS), 1(3).
3. Suyono H, Rohadi H. 2013. Buku Pedoman Pembentukan dan Pengembangan Pos Pemberdayaan Keluarga. Balai Pustaka, Jakarta.
4. Sargun Malik, Mohamed B. Bayati , Chung-Ho Lin, and Kiruba Krishnaswamy. Sustainable processing of Greek yogurt acid-whey waste to develop folic acid encapsulated millet powders. Sustainable Food Technol., 2023, 1, 437–454
5. Yantih N, Arnita A, Shirly K. 2019. Optimasi dan Validasi Kromatografi Cair Kinerja Tinggi untuk Analisis 5-Metiltetrahidrofolat dalam Yoghurt dari Susu Sapi. Poster Presentation. Seminar PIT IAI 2019, Bandung, 13-15 Maret 2019.
6. Tjia, E. C., Lim, A., Clarissa, C., Denali, G. L., Leonard, J., Gabrielle, J., Driantama, M., Andersson, N., & Kahfi, I. H. Pengaruh Pandemi Terhadap Penjualan UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kota Depok. 2021. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 102–119.
7. Kartika, H. The Role Of Social Media Marketing, Product Innovation and Market Orientation On Marketing Performance: An Empirical Study On SMEs in Banten. International Journal of Social and Management Studies. 2021. 2(5), 1–10.
8. Sari, D. M. F. P., & Indriyani, N. K. R. Perubahan Pola Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan di Singaraja Pada Masa Pandemi COVID19. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 2022. 11(1), 170–189. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i01.p09
9. Rangaswamy, A., Moch, N., Felten, C., van Bruggen, G., Wieringa, J. E., &Wirtz, J. (2020). The Role of Marketing in Digital Business Platforms. Journal of Interactive Marketing, 51, 72–90. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2020.04.006
10. Priyanto, H., Najib, M., & Septiani, S. (2020). Faktor Adopsi E-Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran UKM Kuliner Kota Bogor. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 02(January), 2. https://doi.org/10.21456/vol10iss2pp235-244
11. Narayanaswamy, R., & Heiens, R. A. Finding the optimal social media marketing mix to drive customer attraction and sales performance: An exploratory study. International Journal of Electronic Marketing and Retailing. 2022. 13(1). https://doi.org/10.1504/IJEMR.2022.119248
12. Pandey, N., Nayal, P., & Rathore, A. S. Digital marketing for B2B organizations: structured literature review and future research directions. Journal of Business and Industrial Marketing. 2020. 35(7), 1191–1204. https://doi.org/10.1108/JBIM-06-2019-0283
13. Peruta, A., & Shields, A. B. Marketing your university on social media: a content analysis of Facebook post types and formats. Journal of Marketing for Higher Education. 2018. 28(2), 175–191. https://doi.org/10.1080/08841241.2018.1442896
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##