PELATIHAN TOEFL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstrak views: 60 | PDF (English) downloads: 47
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan; (1) memperkuat keterampilan dasar berbahasa Inggris pada siswa kejuruan, (2) mengenalkan format TOEFL kepada peserta, dan (3) mempersiapkan siswa menghadapi test TOEFL. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dan tatap maya dengan 5 kali pertemuan. Peserta kegiatan adalah 23 siswa XI Elektronika Industri di SMK Warga Surakarta. Materi pelatihan adalah Listening, Structure & Written Expression, dan Reading yang diujkan pada TOEFL. Posttest dilakukan pada pertemuan terakhir dalam bentuk TOEFL Prediction. Luaran kegiatan belum menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Kesimpulan tersebut dapat diketahui berdasarkan nilai rata-rata siswa yang masih di bawah 450. Beberapa faktor penyebabnya adalah dominasi keterampilan peserta di level rendah (A2), terbatasnya durasi waktu pelatihan, dan belum optimalnya jumlah kehadiran. Evaluasi menjadi dasar bagi tim pengabdi untuk merancang pelatihan TOEFL yang lebih komprehensif, desain materi lebih menarik, dan menyesuaikan karakter peserta vokasi. Selain itu, hasil evaluasi juga menjadi pedoman bagi tim untuk mengenbangkan model motivasi peserta guna meningkatkan semangat belajar, berlatih, dan bersaing mencapai target yang diharapkan.
Kata Kunci: Pelatihan, TOEFL-Like, Structure and Written Expression
Referensi
As’ari, Chalil, et al. (2022). Sosialisasi pengenalan tes toefl untuk siswa SMA sukma lhokseumawe. 3(Desember), 2020–2023.
Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes Toefl (Test of English Foreign Language) Untuk Siswa Smk/Sma, Mahasiswa, Dosen Dan Umum. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1457
Hesti Wahyuni Anggraini, Zuraida, Rita Hayati, Dwi Maharrani, N. L. P. (2023). Pembelajaran TOEFL sebagai upaya peningkatan kompetensi guru di MGMP Kabupaten Muara Enim. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 38–46. https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.18275
Kelana, J., Ayu Wulandari, M., Savira Wardani, D., & Artikel, R. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Sains. Jurnal Elementary, 4(1), 18–22. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary
Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan Diri dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi. 2(2), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.1-20
Pramusita, S. M., Situmorang, K., & Nugroho, D. Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Structure and Written Expressions pada TOEFL ITP di SMAS Tunas Bangsa Bintan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 37–44. https://journal.kualitama.com/index.php/pelita
Pujiani, T., Nisa, K., & Soali, M. (2020). Pelatihan Toefl Online Melalui Media Youtube Untuk Santri Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyakarat, 1(2), 16–22. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ajpm/article/view/8051/4133
Solihati, T. A., Karsono, D., & Suryana, D. (2018). Pelatihan Menyelesaikan Soal-Soal Structure and Written Expression Berekuivalensi Toefl. 2(177), 30–33.
Sutanti, N., & Salma, S. (2022). TOEFL untuk Meningkatkan Kualitas Bahasa Inggris Peserta Didik: Pelatihan dan Praktik. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 352–358. https://doi.org/10.37478/abdika.v2i4.2162
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##