EDUKASI DIGITALISASI PEMASARAN UNTUK UMKM IKAN ASAP DI KABUPATEN BOJONEGORO

  • Setiarini Yusuf
  • Iha Haryani Hatta Universitas Pancasila
  • Hotman Fredy Universitas Pancasila
  • Satria Yunas Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/suluh.v6i1.6678
Abstrak views: 64 | PDF (English) downloads: 55

Abstrak

Pengabdian kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata yang diadakan oleh universitas pancasila yang dilaksanakan di Kabupaten Bojonegoro memiliki tujuan untuk memberikan pelatihan serta pendampingan dalam ranah pemasaran digital kepada para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang bergerak dalam sektor industri ikan asap. Metode PLA (Participatory Learning and Action) digunakan dalam kegiatan ini, yang melibatkan observasi lapangan, wawancara, serta pelatihan yang difokuskan pada adaptasi terhadap teknologi digital dalam strategi pemasaran. Dampak dari kegiatan ini terlihat dalam terciptanya peluang bisnis baru bagi UMKM ikan asap serta pembukaan pasar baru melalui penggunaan strategi pemasaran digital. Rekomendasi untuk masa depan termasuk peningkatan upaya dalam eksploitasi peluang bisnis yang ada, peningkatan pengetahuan para pelaku usaha, dan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi potensi pengembangan inovasi produk dan strategi pemasaran digital bagi UMKM di desa Karang dayu.

 

Diterbitkan
2024-08-14