Penentuan Harga Jual Produk Usaha “Ngemil Berkah” dengan Pendekatan HPP
Abstrak views: 16 | PDF (English) downloads: 6
Abstrak
UMKM sampai saat ini memang masih menjadi sebuah primadona usaha bagi keberlanjutan perekonomian di Indonesia, kemampuannya bertahan di Tengah ketidakstabilan perekonomian tidak diragukan lagi semenjak era Krisis 1998 sampai sekarang, akan tetapi saat ini ada beberapa permasalahan yang masih dihadapi salah satunya adalah proses penentuan harga pokok produksi (HPP) yang belum sesuai. Adakalanya harga pokok produksinya lebih murah dari harga pasar dan juga sebaliknya, hal inilah yang menjadi kendala dari berkembangnya UMKM pada persaingan bisnis mereka. Pemilik UMKM Ngemil Berkah memiliki kesulitan dalam menentukan HPP sehingga penentuan harga jual produknya ke konsumen masih belum jelas, padahal idealnya tinggi rendahnya harga pokok produksi akan sangat mempengaruhi tingkat pendapatan yang akan diterima kemudian hari, sehingga apabila penentuan HPP ini tidak tepat maka penentuan laba yang akan diterima oleh UMKM juga akan salah. Oleh sebab itu, tim pengabdian membantu secara langsung untuk menghitung HPP sampai dengan penentuan harga jual, sehingga kepastian dari harga produknya bisa terlihat. Hasil dari kegiatan ini terlihat bahwa UMKM Ngemil Berkah secara langsung bisa mempraktekan proses perhitungan tersebut dalam jangka waktu yang cepat dan tepat
Referensi
Friyani, Rita; Yuliana, Yuliana; Wiralestari, Wiralestari; Hernando, Riski; Olimsar, F. (2020). Praktek Akuntansi Manajemen Terkait Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Dan Variabel Costing Pada Home Industry Kue Tradisional Wulan. Jurnal Karya Abadi, 4(1), 98–101.
Kristiawati, Endang; Wulandari, R. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Perhitungan Biaya Produksi Bagi Usaha Mikro di Desa Rasau Jaya 3 Kabupaten Kubu Raya. Al-Khidmah, 3(2), 1–5. https://doi.org/10.1201/9781315274508-20
Kumbara, V. B., Bayu Putra, R., & Fitri, H. (2022). Penerapan Metode Full Costing Pada Perhitungan Harga Pokok Produksi Sebagai Penentuan Harga Jual Pada Umkm Home Industry Tahu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 2(2), 1–7. https://doi.org/10.35870/jpmn.v2i2.563
Nurlela, & Rangkuti, C. (2017). Analisis Perbandingan Metode Penentuan Harga Pokok (Vol. 06, Issue 01, pp. 69–72).
Putra, M. A., & Haes, P. E. (2022). Pencegahan Kredit Macet Melalui Proses Negosiasi Dengan Debitur Pt Bank Maybank Indonesia Tbk Cabang Denpasar. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 7(2), 225–230. https://doi.org/10.33366/japi.v7i2.3764
Sunarwati, Novi; Sa’diyah, Halimatus; Roosmawarni, Anita; Virana, T. A. (2024). Pendampingan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing pada UMKM Camilan Anugerah. HUMANISM, 5(1), 15–25.
Widiatmoko, J., Indarti, M. G. K., Puspitasari, E., & Hadi, S. S. (2020). Pendampingan Penyusunan Harga Pokok Produksi bagi Pelaku UMKM di Kota Semarang. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 206. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.6324
Yuliyanti, Y., & Saputra, R. (2017). Analisis Harga Pokok Produksi Roti Berdasarkan Metode Full Costing dan Variable Costing. Jurnal Online Insan Akuntan, 2(2), 229–236. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/642
Yustitia, E., & Adriansah, A. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual pada UMKM di Desa Sawahkulon. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2506
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##