Optimalisasi UMKM Melalui Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan: Studi Di Desa Tegalwaru, Bogor

  • Nur Hendrasto Institut Agama Islam Tazkia
  • Rahma Wijayanti Institut Agama Islam Tazkia
  • Abdullah Haidar Institut Agama Islam Tazkia
DOI: https://doi.org/10.35814/suluh.v6i2.8016
Abstrak views: 20 | PDF (English) downloads: 17

Abstrak

Pengabdian di Desa Tegalwaru, Bogor, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM melalui pelatihan digital marketing dan pengelolaan keuangan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada sesi 1, dengan UMKM Craft dan UMKM Busana mencatat kenaikan pemahaman sebesar 13%, dibandingkan UMKM Tata Boga yang hanya meningkat 5%. Hal ini mendukung teori bahwa digital marketing melalui platform seperti Instagram dan Shopee efektif dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan produk. Pendekatan service learning turut memastikan relevansi materi dengan kebutuhan peserta. Namun, pada sesi 2, terjadi penurunan pemahaman peserta dari 99% pada Pre-Test menjadi 91% pada Post-Test (-8%), yang mengindikasikan perlunya evaluasi terhadap relevansi materi, panduan praktis, dan metode penyampaian yang kurang interaktif. Untuk hasil yang lebih optimal, pelatihan perlu berbasis praktik, disesuaikan dengan kebutuhan spesifik tiap UMKM, dan dilengkapi dengan pendampingan lanjutan. Meskipun memberikan manfaat, pelatihan ini memerlukan penyempurnaan agar lebih relevan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta.

Referensi

Abriyoso, O., Suganda, W., Hellen, H., Harsoyo, E., Syahputri, D. M., Afriza, I., Tambunan, T. Y., Harningsih, Y., Kusuma, F. H., Siregar, H. P., Saputra, R. H., Titania, R. A., Randika, B. Z., Saputri, S. A., & Wahyuni, R. (2023). Pelatihan promosi dan pemasaran digital pada UMKM Desa Malang RapatELATIHAN PROMOSI DAN PEMA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4158–4161. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15792/12128
Cisila, S. (2019). Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar, 555–563. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/2111
Fadieny, N., Fauzi, A., Widya, W., Andriani, R., & Hidayat, A. T. (2023). Efektivitas Modul Elektronik Fisika Berbasis Experiential Learning Berbantuan Smartphone terhadap Peningkatan Kompetensi peserta Didik. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 486. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.519
Febianti, P., Faradila, F., Ai Nurhakim, S., Zalizar, A., & Indah Melani, S. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Branding, Packaging dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(07), 2773–2779. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i07.1046
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16, 32–41.
Hendrasto, N. (2019). Leadership Theory in Digital Era: a Preliminary Research for Leadership in Crowdfunding Digital Startup. Bisnis & Birokrasi Journal, 26(2). https://doi.org/10.20476/jbb.v26i2.11122
Kusumadewi, N., Hernita, N., & Wida Rahmayani, M. (2020). Meningkatkan Kualitas Pemasaran Home Industry Tape Ketan Di Desa Heuleut Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 619–626. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.487
Linda Handayani Sukaemi, Isam Samsul Muharam, & Hanipah Fahirah Kamilah. (2023). Copywriting for Teenagers’ Personal Branding on Social Media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 533–541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.13849
Muh. Ahsan Kamil, & Muhammad Rasyid Ridlo. (2024). Analisis Potensi Digital Marketing pada UMKM Industri Halal. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 7(1), 166–177. https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(1).13543
Nurmutia, S., Hendra, F., & Ardi P, G. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Desa Tegal Bogor melalui Pemanfaatan Digital Marketing untuk Mencari Peluang Bisnis. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(2), 327–337. https://doi.org/10.37481/pkmb.v4i2.1019
Patricia, V., Wijaya, J., Nicholas, M., & Sutanto, E. M. (2023). Pelatihan Pemasaran Dalam Upaya Memajukan Bisnis Pusat Pengembangan Anak ( Ppa ) Io756 Gereja Setia Bakti Di Kediri.
Prasadhya, I. B. G., Pratiwi, N. E., & Kaitelapatay, B. G. (2024). Re-Branding UMKM dengan Pendekatan Bisnis Dan Komunikasi Visual dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Project Based Learning (Studi Kasus Maestro Pempek). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 153–160. https://doi.org/10.61231/jp2m.v2i1.225
Santoso, R., & Herlina, A. (2023). Pendampingan tata kelola keuangan UMKM berbasis digital untuk generasi Z. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 341–352. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v6i3.1653
Yunus, M., Sari, I. A., & Wahyuhastuti, N. (2023). Kajian Ekonomi & Keuangan Strategi Pengembangan UMKM di Provinsi Jawa Scorecard. 5.
Zaelani, I. R. (2019). Peningkatan Daya Saing Umkm Indonesia. Jurnal Transborder, 3(1), 15–34. https://doi.org/10.23969/transborders.v3i1.1746
Diterbitkan
2025-02-12