Penerimaan Audiens atas Konten Pariwisata dari Virtual Youtuber Andi Adinata
Abstract views: 1719 | PDF downloads: 1734
Abstract
Virtual Youtuber (Vtuber) yang memuat budaya lokal dalam kontennya bukan hal baru, namun lain halnya dengan memperkenalkan destinasi wisata Indonesia. Vtuber dengan anonimitasnya tidak perlu menunjukkan jati diri, cukup menggunakan avatar 2D atau 3D dan mampu meraih jumlah pengikut yang setara dan atau melebihi Youtuber yang menunjukkan wajah aslinya. Hal ini menjadi tanda tanya jika Vtuber memiliki kredibilitas yang memadai bagi audiensnya dalam menyampaikan pesan. Penelitian ini akan menggunakan analisis resepsi khalayak, memahami proses dalam penciptaan makna yang dilakukan oleh audiens saat mengkonsumsi media. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat penerimaan audiens atas kredibilitas Vtuber yang menyampaikan konten tersebut. Penelitian ini didukung dengan teori encoding-decoding Stuart Hall. Teori encoding-decoding merupakan proses khalayak dalam mengkonsumsi dan memproduksi makna dalam proses penerimaan mengenai konten media massa yang telah dikonsumsinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis resepsi dari Stuart Hall. Hasil menunjukkan jika audiens 1, 4, 6, dan 7 berada di posisi dominan hegemoni, audiens 2 di posisi negosiasi dan audiens 3, 5 dan 8 di posisi oposisi. Setiap audiens secara aktif menyandikan pesan dalam konten pariwisata dari Andi Adinata secara berbeda yang dipengaruhi berbagai faktor, namun cara Andi Adinata dalam menyajikan kontennya mempengaruhi pemikiran audiens mengenai Vtuber secara umum dan jenis konten baru Vtuber seperti pariwisata ini.
References
Adi, A. N., Suminar, J. R., & Sjafirah, N. A. (2019). Makna Subscriber Bagi Youtuber Kota Bandung. Communication, 10(2), 142–156.
Adinata, A. (2020). (Live) Keliling Indonesia - Gue Mampir Ke Kota Kalian (Google Earth). Youtube. https://youtu.be/ktPxnOWrjpw
Agonoy. (2022). VTuber News Round-Up: Week of February 27, 2022. AnimeCorner.Com. https://animecorner.me/vtuber-news-round-up-week-of-february-27-2022/
Akbar. (2022). 5 VTuber Hololive Berikut Hasilkan Lebih dari 5,7 Juta USD Hanya dari Superchat. SuaraMerdeka.Com. https://diorama.suaramerdeka.com/video-game/pr-1832326757/5-vtuber-hololive-berikut-hasilkan-lebih-dari-57-juta-usd-hanya-dari-superchatAlsace,
H. (2019). 20 Virtual Youtuber Paling Populer. Japanese Station.Com. https://japanesestation.com/anime-manga/v-tuber/20-virtual-youtuber-paling-populer
Amos, A. (2021). What is Hololive? The VTuber group breaking YouTube and the internet. Dexerto.Com. https://www.dexerto.com/entertainment/hololive-vtuber-group-breaking-youtube-internet-1513829/
Amos, A. (2022). Kizuna AI goes on “indefinite hiatus” after her The Last Live concert. Dexerto.Com. https://www.dexerto.com/entertainment/kizuna-ai-worlds-first-vtuber-indefinite-hiatus-1771512/
Ani, N. A. I. (2020). Personal Branding Youtuber Nomor Satu di Indonesia. Jurnal Mozaik Komunikasi, 2(2), 24–36. http://jom.untidar.ac.id/index.php/mozaik/article/view/1196
Asarch, S. (2021). Meet Dream, the mysterious Minecraft YouTuber who’s one of the fastest-growing creators on the platform. Insider. https://www.insider.com/dream-minecraft-smp-face-youtube-who-is-cheat-speedrun-2021-1
Ask. (2019). Creator Superfest, “AFAID Lite” Pertama di Surabaya (Day 1). Media Have Fun. https://mediahavefun.com/creator-superfest-afaid-lite-pertama-di-surabaya-day-1/
Bahrudin, M. (n.d.). Tabel Perbedaan Antara Metode Penelitian Studi Kasus, Fenomenologi, Etnografi dan Focus Grup Discussion. Researchgate.Net. Retrieved April 8, 2022, from https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Bahrudin/publication/326798959_Perbedaan_Antara_Metode_Penelitian_Studi_Kasus_Fenomenologi_Etnografi_dan_Focus_Grup_Discussion/data/5b63b3790f7e9b00b2a245dd/Tabel-Perbedaan-Antara-Metode-Penelitian-Studi-Kasus
Cambosa, T. (2022). VTuber News Round-Up: Week of March 3, 2022. AnimeCorner.Com. https://animecorner.me/vtuber-news-round-up-week-of-march-3-2022/
Design, V. C. (2020). Virtual YouTuber next generations. Binus University. https://binus.ac.id/bandung/2020/04/virtual-youtuber-next-generations/
Dhimar, G. (2020). VTuber: Konten Kreator dengan Persona Virtual. WargaJogja.Net. http://wargajogja.net/seni-dan-budaya/vtuber-konten-kreator-dengan-persona-virtual.html
Dream. (2014). Dream Youtube Channel. Youtube. https://www.youtube.com/c/dream/featured
Glaze, V. (2021). YouTuber Dream’s new song “Roadtrip” sparks viral support from fans. Dexerto.Com. https://www.dexerto.com/entertainment/youtuber-dreams-new-song-roadtrip-sparks-viral-support-from-fans-1508048/
Hadijah, S. (2019). Inspiratif! Berkenalan dengan MiawAug, Gamer YouTube yang Penghasilannya Setara Mobil Mewah. Cermati.Com. https://www.cermati.com/artikel/inspiratif-berkenalan-dengan-miawaug-gamer-youtube-yang-penghasilannya-setara-mobil-mewah
Hens, H. (2017). Nadine Chandrawinata, Antara Film dan Pariwisata. Fimela.Com. https://www.fimela.com/entertainment/read/3187010/nadine-chandrawinata-antara-film-dan-pariwisata
Herman, D., & Widiastuti, N. (2020). Kohesivitas Kelompok dalam Komunitas XTC (Pac Cimenyan) Pimpinan Anak Cabang Cimenyan. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, III(II), 157–167. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/download/696/546
Ilfiyasari, & Malau, R. M. U. (2021). Analisis Resepsi Viewers Mengenai Konten Gaya Hidup Konsumtif Pada Kanal Youtube Rans Entertainment. E-Proceeding of Management, 8(2), 1=17 https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/14832/14609
Kaptain. (2021). MAHA5 Buka Audisi VTuber Generasi Ketiganya. Jurnal Otaku. http://jurnalotaku.com/2021/05/25/maha5-buka-audisi-vtuber-generasi-ketiganya/
Kizuna Ai. (2020). Virtual Humans. https://www.virtualhumans.org/human/kizuna-ai
Kriyantono, R. (2009). Teknik praktis riset komunikasi : disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.
Lee, C. S. (2021). Yuruyuri Manga Creator Namori Draws Fanart of VTubers, Anime Idols, and More. AnimeNewsNetwork.Com. https://www.animenewsnetwork.com/interest/2021-09-14/yuruyuri-manga-creator-namori-draws-fanart-of-vtubers-anime-idols-and-more/.177115
Lidwina, A. (2021). 94% Orang Indonesia Akses YouTube dalam Satu Bulan Terakhir. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94-orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir
Lufkin, B. (2018). From Japanese anime characters to Barbie, virtual YouTubers talk and act just like people — and they could change the way we all interact forever. BBC.Com. https://www.bbc.com/worklife/article/20181002-the-virtual-vloggers-taking-over-youtube
MAHA5. (2019). About Us. https://maha5.com/about-us/
Murdaningsih, D. (2017). Nadine Chandrawinata Tertantang Promosikan Destinasi Wisata Kabupaten Malang. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/opvkmt368/nadine-chandrawinata-tertantang-promosikan-destinasi-wisata-kabupaten-malang
Mustofa, A. (2020). Gandeng Youtuber Mbak Tina Bule, Promosi Wisata Objek Wisata di Badung. Radarbali.Id. https://radarbali.jawapos.com/travelling/10/09/2020/gandeng-youtuber-mbak-tina-bule-promosi-wisata-objek-wisata-di-badung
Nakayama, K. (2018). Kizuna Ai Dipilih Menjadi Duta Resmi Wisata Jepang Oleh JNTO. Artforia. http://www.artforia.com/kizuna-ai-dipilih-menjadi-duta-resmi-wisata-jepang-oleh-jnto/
Nurhanisah, Y. (2020). Yuk, Kenalan dengan Millenial Indonesia! Indonesiabaik.Id. https://indonesiabaik.id/infografis/yuk-kenalan-dengan-millenial-indonesia
Official, N. E. (2022). Nijisanji EN VTuber Physical and Digital Goods. AnimeNewsNetwork.Com. https://www.animenewsnetwork.com/press-release/2022-02-24/nijisanji-en-vtuber-physical-and-digital-goods/.182970
Pasaribu, Y. (2020). Unggah Video Setelah 7 Bulan Vakum, Vtuber Maya Putri Pamit? https://nawalakarsa.id/pop-kultur/vtuber-maya-putri-pamit/
Periwal, S. A. (2021). PewDiePie debuts as a Vtuber, faces backlash online. Sportskeeda. https://www.sportskeeda.com/esports/pewdiepie-debuts-vtuber-faces-backlash-online#:~:text=Followingthefootstepsoffaceless,%22attempttostayrelevant.%22
Pramulyasari, N. W., & Amalia, F. (2021). Analisis Resepsi Khalayak terhadap Iklan IM3 Ooredo Versi Ramai Sepi Bersama. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 61–71. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1
Pribadi, K., Sadiq, Z. A., & Susanti, A. (2022). Analisis Media Siber pada Siaran Lansung Virtual Youtuber Ayunda Risu. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 05(02), 121–143. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/mdk.v5i2.8391
Puspitaningrum, D. R., & Prasetio, A. (2019). Fenomena “Virtual Youtuber” Kizuna Ai di Kalangan Penggemar Budaya Populer Jepang di Indonesia. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2), 128–140. https://doi.org/10.29313/mediator.v12i2.4758
Putri, M. (2019). Talking with Lady Ratna Sari Dewi, Indonesia First President, President Soekarno’s Wife (Episode 81). Shinta VR. https://www.youtube.com/watch?v=XRZEs8L0LFA&ab_channel=MayaPutri
Rachmaniar. (2017). The Existence of Video Debate Final Pilkada DKI 2017 on The Youtube. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(1), 39–44. http://journal.univpancasila.ac.id/ index.php/coverage/article/view/581/326
Rofi, S. E., & Rakhmad, W. N. (2020). Analisis Resepsi pada Channel Youtube Gaming “Kimi Hime.” Interaksi Online, 8(4), 75–82. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/28769
Roll, D. (2018). Popular virtual YouTuber Kizuna Ai selected as ambassador for new “Come to Japan” campaign. Japantoday. https://japantoday.com/category/features/travel/popular-virtual-youtuber-kizuna-ai-selected-as-ambassador-for-new-%27come-to-japan%27-campaign
Saputra, D. I. S., & Setyawan, I. (2021). Virtual YouTuber (VTuber) Sebagai Konten Media Pembelajaran Online. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Sisfotek, 5(1), 14–20. http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/251/221
Scarletta, A. (2021). Mengenal VTuber, Konten Kreator YouTube dengan “Wajah Topeng.” Gen SINDO. https://gensindo.sindonews.com/read/383712/700/mengenal-vtuber-konten-kreator-youtube-dengan-wajah-topeng-1617271451#:~:text=Dalamperkembanganitu%2Cmunculistilah,videounggahanmerekaberbentukanimasi.
Sely, T., & Aladdin, Y. A. (2018). Analisis Resepsi Pembaca Tribunnews.com Dari Kalangan Mahasiswa/I Universitas Indonesia Terhadap Insiden “Kartu Kuning” Ketua BEM UI. Jurnal Semiotika, 12(1), 62–72.
Supriyatman, A. T., & Nugroho, C. (2019). Analisis Resepsi Penonton Remaja Video Mukbang dalam Kanal Youtube “Yuka Kinoshita.” E-Proceeding of Management, 6(1), 1428–1440. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/8526/8395
Travel, K. (2018). 7 Daerah Wisata Favorit Wisatawan Mancanegara di Indonesia. Kumparan. https://kumparan.com/kumparantravel/7-daerah-wisata-favorit-wisatawan-mancanegara-di-indonesia/full
Widaningsih. (2020). Tujuh Destinasi Wisata Domestik Yang Paling Diinginkan Usai Pandemi Berlalu. Baparekraf RI. https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/tujuh-destinasi-wisata-domestik-yang-paling-diinginkan-usai-pandemi-berlalu/
Wijaya, R. J., & Aladdin, Y. A. (2015). Representasi Premanisme dalam Film Jagal (Studi Semiotika Roland Barthes). Semiotika, 9(2), 460–481.
Wisesa, Y. (2018). Shinta VR Perkenalkan Maya Putri, YouTuber Virtual Pertama dari Indonesia.
Wiyono, B. P. A., Kusuma, H. E., Sinatra, F., & Tampubolon, A. C. (2019). Tipe Wisatawan Berdasarkan Korelasi Motivasi dan Kegiatan Di Tempat Wisata (Studi Kasus: Indonesia). Tataloka, 21(2), 314. https://doi.org/10.14710/tataloka.21.2.314-327
Xiaowei, N. (2019). Mengapa VTuber tiba-tiba menjadi populer? Gutx.Id. https://gutx.id/item/wemzxkwk18jc.html