Penerimaan Audiens atas Konten Pariwisata dari Virtual Youtuber Andi Adinata

  • Halla Puspita Yuri Universitas Bunda Mulia
  • Agus Daniar Universitas Bunda Mulia
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v13i1.3336
Abstract views: 1719 | PDF downloads: 1734
Keywords: Virtual Youtuber, Andi Adinata, Pariwisata, Analisis Resepsi Stuart Hall, Maha5

Abstract

Virtual Youtuber (Vtuber) yang memuat budaya lokal dalam kontennya bukan hal baru, namun lain halnya dengan memperkenalkan destinasi wisata Indonesia. Vtuber dengan anonimitasnya tidak perlu menunjukkan jati diri, cukup menggunakan avatar 2D atau 3D dan mampu meraih jumlah pengikut yang setara dan atau melebihi Youtuber yang menunjukkan wajah aslinya. Hal ini menjadi tanda tanya jika Vtuber memiliki kredibilitas yang memadai bagi audiensnya dalam menyampaikan pesan. Penelitian ini akan menggunakan analisis resepsi khalayak, memahami proses dalam penciptaan makna yang dilakukan oleh audiens saat mengkonsumsi media. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat penerimaan audiens atas kredibilitas Vtuber yang menyampaikan konten tersebut. Penelitian ini didukung dengan teori encoding-decoding Stuart Hall. Teori encoding-decoding merupakan proses khalayak dalam mengkonsumsi dan memproduksi makna dalam proses penerimaan mengenai konten media massa yang telah dikonsumsinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis resepsi dari Stuart Hall. Hasil menunjukkan jika audiens 1, 4, 6, dan 7 berada di posisi dominan hegemoni, audiens 2 di posisi negosiasi dan audiens 3, 5 dan 8 di posisi oposisi. Setiap audiens secara aktif menyandikan pesan dalam konten pariwisata dari Andi Adinata secara berbeda yang dipengaruhi berbagai faktor, namun cara Andi Adinata dalam menyajikan kontennya mempengaruhi pemikiran audiens mengenai Vtuber secara umum dan jenis konten baru Vtuber seperti pariwisata ini.

References

Adi, A. N., Suminar, J. R., & Sjafirah, N. A. (2019). Makna Subscriber Bagi Youtuber Kota Bandung. Communication, 10(2), 142–156.

Adinata, A. (2020). (Live) Keliling Indonesia - Gue Mampir Ke Kota Kalian (Google Earth). Youtube. https://youtu.be/ktPxnOWrjpw

Agonoy. (2022). VTuber News Round-Up: Week of February 27, 2022. AnimeCorner.Com. https://animecorner.me/vtuber-news-round-up-week-of-february-27-2022/

Akbar. (2022). 5 VTuber Hololive Berikut Hasilkan Lebih dari 5,7 Juta USD Hanya dari Superchat. SuaraMerdeka.Com. https://diorama.suaramerdeka.com/video-game/pr-1832326757/5-vtuber-hololive-berikut-hasilkan-lebih-dari-57-juta-usd-hanya-dari-superchatAlsace,

H. (2019). 20 Virtual Youtuber Paling Populer. Japanese Station.Com. https://japanesestation.com/anime-manga/v-tuber/20-virtual-youtuber-paling-populer

Amos, A. (2021). What is Hololive? The VTuber group breaking YouTube and the internet. Dexerto.Com. https://www.dexerto.com/entertainment/hololive-vtuber-group-breaking-youtube-internet-1513829/

Amos, A. (2022). Kizuna AI goes on “indefinite hiatus” after her The Last Live concert. Dexerto.Com. https://www.dexerto.com/entertainment/kizuna-ai-worlds-first-vtuber-indefinite-hiatus-1771512/

Ani, N. A. I. (2020). Personal Branding Youtuber Nomor Satu di Indonesia. Jurnal Mozaik Komunikasi, 2(2), 24–36. http://jom.untidar.ac.id/index.php/mozaik/article/view/1196

Asarch, S. (2021). Meet Dream, the mysterious Minecraft YouTuber who’s one of the fastest-growing creators on the platform. Insider. https://www.insider.com/dream-minecraft-smp-face-youtube-who-is-cheat-speedrun-2021-1

Ask. (2019). Creator Superfest, “AFAID Lite” Pertama di Surabaya (Day 1). Media Have Fun. https://mediahavefun.com/creator-superfest-afaid-lite-pertama-di-surabaya-day-1/

Bahrudin, M. (n.d.). Tabel Perbedaan Antara Metode Penelitian Studi Kasus, Fenomenologi, Etnografi dan Focus Grup Discussion. Researchgate.Net. Retrieved April 8, 2022, from https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Bahrudin/publication/326798959_Perbedaan_Antara_Metode_Penelitian_Studi_Kasus_Fenomenologi_Etnografi_dan_Focus_Grup_Discussion/data/5b63b3790f7e9b00b2a245dd/Tabel-Perbedaan-Antara-Metode-Penelitian-Studi-Kasus

Cambosa, T. (2022). VTuber News Round-Up: Week of March 3, 2022. AnimeCorner.Com. https://animecorner.me/vtuber-news-round-up-week-of-march-3-2022/

Design, V. C. (2020). Virtual YouTuber next generations. Binus University. https://binus.ac.id/bandung/2020/04/virtual-youtuber-next-generations/

Dhimar, G. (2020). VTuber: Konten Kreator dengan Persona Virtual. WargaJogja.Net. http://wargajogja.net/seni-dan-budaya/vtuber-konten-kreator-dengan-persona-virtual.html

Dream. (2014). Dream Youtube Channel. Youtube. https://www.youtube.com/c/dream/featured

Glaze, V. (2021). YouTuber Dream’s new song “Roadtrip” sparks viral support from fans. Dexerto.Com. https://www.dexerto.com/entertainment/youtuber-dreams-new-song-roadtrip-sparks-viral-support-from-fans-1508048/

Hadijah, S. (2019). Inspiratif! Berkenalan dengan MiawAug, Gamer YouTube yang Penghasilannya Setara Mobil Mewah. Cermati.Com. https://www.cermati.com/artikel/inspiratif-berkenalan-dengan-miawaug-gamer-youtube-yang-penghasilannya-setara-mobil-mewah

Hens, H. (2017). Nadine Chandrawinata, Antara Film dan Pariwisata. Fimela.Com. https://www.fimela.com/entertainment/read/3187010/nadine-chandrawinata-antara-film-dan-pariwisata

Herman, D., & Widiastuti, N. (2020). Kohesivitas Kelompok dalam Komunitas XTC (Pac Cimenyan) Pimpinan Anak Cabang Cimenyan. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, III(II), 157–167. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/download/696/546

Ilfiyasari, & Malau, R. M. U. (2021). Analisis Resepsi Viewers Mengenai Konten Gaya Hidup Konsumtif Pada Kanal Youtube Rans Entertainment. E-Proceeding of Management, 8(2), 1=17 https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/14832/14609

Kaptain. (2021). MAHA5 Buka Audisi VTuber Generasi Ketiganya. Jurnal Otaku. http://jurnalotaku.com/2021/05/25/maha5-buka-audisi-vtuber-generasi-ketiganya/

Kizuna Ai. (2020). Virtual Humans. https://www.virtualhumans.org/human/kizuna-ai

Kriyantono, R. (2009). Teknik praktis riset komunikasi : disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Lee, C. S. (2021). Yuruyuri Manga Creator Namori Draws Fanart of VTubers, Anime Idols, and More. AnimeNewsNetwork.Com. https://www.animenewsnetwork.com/interest/2021-09-14/yuruyuri-manga-creator-namori-draws-fanart-of-vtubers-anime-idols-and-more/.177115

Lidwina, A. (2021). 94% Orang Indonesia Akses YouTube dalam Satu Bulan Terakhir. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94-orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir

Lufkin, B. (2018). From Japanese anime characters to Barbie, virtual YouTubers talk and act just like people — and they could change the way we all interact forever. BBC.Com. https://www.bbc.com/worklife/article/20181002-the-virtual-vloggers-taking-over-youtube

MAHA5. (2019). About Us. https://maha5.com/about-us/

Murdaningsih, D. (2017). Nadine Chandrawinata Tertantang Promosikan Destinasi Wisata Kabupaten Malang. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/opvkmt368/nadine-chandrawinata-tertantang-promosikan-destinasi-wisata-kabupaten-malang

Mustofa, A. (2020). Gandeng Youtuber Mbak Tina Bule, Promosi Wisata Objek Wisata di Badung. Radarbali.Id. https://radarbali.jawapos.com/travelling/10/09/2020/gandeng-youtuber-mbak-tina-bule-promosi-wisata-objek-wisata-di-badung

Nakayama, K. (2018). Kizuna Ai Dipilih Menjadi Duta Resmi Wisata Jepang Oleh JNTO. Artforia. http://www.artforia.com/kizuna-ai-dipilih-menjadi-duta-resmi-wisata-jepang-oleh-jnto/

Nurhanisah, Y. (2020). Yuk, Kenalan dengan Millenial Indonesia! Indonesiabaik.Id. https://indonesiabaik.id/infografis/yuk-kenalan-dengan-millenial-indonesia

Official, N. E. (2022). Nijisanji EN VTuber Physical and Digital Goods. AnimeNewsNetwork.Com. https://www.animenewsnetwork.com/press-release/2022-02-24/nijisanji-en-vtuber-physical-and-digital-goods/.182970

Pasaribu, Y. (2020). Unggah Video Setelah 7 Bulan Vakum, Vtuber Maya Putri Pamit? https://nawalakarsa.id/pop-kultur/vtuber-maya-putri-pamit/

Periwal, S. A. (2021). PewDiePie debuts as a Vtuber, faces backlash online. Sportskeeda. https://www.sportskeeda.com/esports/pewdiepie-debuts-vtuber-faces-backlash-online#:~:text=Followingthefootstepsoffaceless,%22attempttostayrelevant.%22

Pramulyasari, N. W., & Amalia, F. (2021). Analisis Resepsi Khalayak terhadap Iklan IM3 Ooredo Versi Ramai Sepi Bersama. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 61–71. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1

Pribadi, K., Sadiq, Z. A., & Susanti, A. (2022). Analisis Media Siber pada Siaran Lansung Virtual Youtuber Ayunda Risu. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 05(02), 121–143. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/mdk.v5i2.8391

Puspitaningrum, D. R., & Prasetio, A. (2019). Fenomena “Virtual Youtuber” Kizuna Ai di Kalangan Penggemar Budaya Populer Jepang di Indonesia. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2), 128–140. https://doi.org/10.29313/mediator.v12i2.4758

Putri, M. (2019). Talking with Lady Ratna Sari Dewi, Indonesia First President, President Soekarno’s Wife (Episode 81). Shinta VR. https://www.youtube.com/watch?v=XRZEs8L0LFA&ab_channel=MayaPutri

Rachmaniar. (2017). The Existence of Video Debate Final Pilkada DKI 2017 on The Youtube. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(1), 39–44. http://journal.univpancasila.ac.id/ index.php/coverage/article/view/581/326

Rofi, S. E., & Rakhmad, W. N. (2020). Analisis Resepsi pada Channel Youtube Gaming “Kimi Hime.” Interaksi Online, 8(4), 75–82. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/28769

Roll, D. (2018). Popular virtual YouTuber Kizuna Ai selected as ambassador for new “Come to Japan” campaign. Japantoday. https://japantoday.com/category/features/travel/popular-virtual-youtuber-kizuna-ai-selected-as-ambassador-for-new-%27come-to-japan%27-campaign

Saputra, D. I. S., & Setyawan, I. (2021). Virtual YouTuber (VTuber) Sebagai Konten Media Pembelajaran Online. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Sisfotek, 5(1), 14–20. http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/251/221

Scarletta, A. (2021). Mengenal VTuber, Konten Kreator YouTube dengan “Wajah Topeng.” Gen SINDO. https://gensindo.sindonews.com/read/383712/700/mengenal-vtuber-konten-kreator-youtube-dengan-wajah-topeng-1617271451#:~:text=Dalamperkembanganitu%2Cmunculistilah,videounggahanmerekaberbentukanimasi.

Sely, T., & Aladdin, Y. A. (2018). Analisis Resepsi Pembaca Tribunnews.com Dari Kalangan Mahasiswa/I Universitas Indonesia Terhadap Insiden “Kartu Kuning” Ketua BEM UI. Jurnal Semiotika, 12(1), 62–72.

Supriyatman, A. T., & Nugroho, C. (2019). Analisis Resepsi Penonton Remaja Video Mukbang dalam Kanal Youtube “Yuka Kinoshita.” E-Proceeding of Management, 6(1), 1428–1440. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/8526/8395

Travel, K. (2018). 7 Daerah Wisata Favorit Wisatawan Mancanegara di Indonesia. Kumparan. https://kumparan.com/kumparantravel/7-daerah-wisata-favorit-wisatawan-mancanegara-di-indonesia/full

Widaningsih. (2020). Tujuh Destinasi Wisata Domestik Yang Paling Diinginkan Usai Pandemi Berlalu. Baparekraf RI. https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/tujuh-destinasi-wisata-domestik-yang-paling-diinginkan-usai-pandemi-berlalu/

Wijaya, R. J., & Aladdin, Y. A. (2015). Representasi Premanisme dalam Film Jagal (Studi Semiotika Roland Barthes). Semiotika, 9(2), 460–481.

Wisesa, Y. (2018). Shinta VR Perkenalkan Maya Putri, YouTuber Virtual Pertama dari Indonesia.

Wiyono, B. P. A., Kusuma, H. E., Sinatra, F., & Tampubolon, A. C. (2019). Tipe Wisatawan Berdasarkan Korelasi Motivasi dan Kegiatan Di Tempat Wisata (Studi Kasus: Indonesia). Tataloka, 21(2), 314. https://doi.org/10.14710/tataloka.21.2.314-327

Xiaowei, N. (2019). Mengapa VTuber tiba-tiba menjadi populer? Gutx.Id. https://gutx.id/item/wemzxkwk18jc.html

Published
2022-09-22
How to Cite
Puspita Yuri, H., & Daniar, A. (2022). Penerimaan Audiens atas Konten Pariwisata dari Virtual Youtuber Andi Adinata. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 13(1), 38-49. https://doi.org/10.35814/coverage.v13i1.3336
Section
Articles