Pengaruh Pemanfaatan Google Assistant dalam Memenuhi Kebutuhan Sumber Informasi
Abstract views: 1512 | PDF downloads: 1991
Abstract
Perkembangan teknologi membawa manusia ke zaman canggih. Semua menjadi mudah, terutama memperoleh informasi. Mencari informasi tak perlu harus membuka buku atau lembaran kertas. Saat ini, tinggal “klik” dengan komputer atau telepon genggam semua informasi yang dinginkan mudah dan cepat diperoleh. Teknologi media sudah melahirkan berbagai media baru, seperti Google Assistant. Google Assistant merupakan salah satu media dengan teknologi kecerdasan buatan yang mampu memberikan informasi melalui komunikasi. Bagaimana penggunaan Google Assistant bagi mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi angkatan 2016, 2017 dan 2018? Faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaanmedia ini sebagai sumber informasi? Inilah yang akan dikaji dalam penelitian ini. Metode penelitian menggunakan survei. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan informasi Google Assistant memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kebutuhan informasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa informasi yang diberikan Google Assistant pada smartphone Android dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan informasi, khususnya kebutuhan integratif personal. Kebutuhan ini mendapat skor tertinggi dibandingkan pemenuhan kebutuhan informasi yang lain.
References
Alimin, T. (2012). Kebutuhan Informasi Manusia: Sebuah Pendekatan Kepustakaan. 15(1), 50–57.
Anggraini, E. (2018). Kepintaran Google Assistant Lampaui Cortana dan Siri.
Ati, W. (2013). Kebutuhan dan Perilaku
Pencarian Informasi Taruna Angkatan 46 di Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Ilmu Perpustakaan, 2(4), 9–17.
Catania, F., Spitale, M., & Garzotto, F. (2021). Toward the Introduction of Google Assistant in Therapy for Children with Neurodevelopmental Disorders: An Exploratory Study. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3411763.3451666
Doddy. (2020). Pemanfaatan Teknologi di Era Tatanan Baru untuk Meneguhkan Pendidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. http://www.dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/pemanfaatan-teknologi-di-era-tatanan-baru-untuk-meneguhkan-pendidikan/
Gifary, S. (2015). Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi. Jurnal Sosioteknologi, 14(2), 170–178.
Google Support. (n.d.). No Title.
Haqqu, R. (2020). Uji Uses and Gratifications dalam Intensitas Menonton Program Talk Show Melalui Televisi. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 11–18. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1378
Harahap, H. S. (2018). WhatsApp sebagai media komunikasi dalam menyampaikan dakwah. DMCC Conference Proceeding, 1, 131–150.
Isyanto, H., Arifin, A. S., & Suryanegara, M. (2020). Performance of Smart Personal Assistant Applications Based on Speech Recognition Technology using IoT-based Voice Commands. International Conference on ICT Convergence, 2020-October, 640–645. https://doi.org/10.1109/ICTC49870.2020.9289160
Kristian, D., Palit, H. N., & Santoso, L. W. (2019). Pemanfaatan Google Assistant dan Sistem Rekomendasi untuk Belajar Alkitab. Jurnal Infra, 7(1), 71–77. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/8049
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.
Kurnia, N. (2005). Perkembangan Teknolohi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. MediaTor, 6(2), 291–296.
Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Graha Ilmu.
Morrisan. (2013). Teori Komunikasi (Individu Hingga Massa). Kencana.
Muhammad, F. I., & Aziz, Y. M. A. (2020). Implementasi Kebijakan Dalam Mitigasi Bencana Banjir Di Desa Dayeuhkolot. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(1), 52–61. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v11i1.2235
Munawar, L. (2018). Dianggap remeh, Ternyata Jadi Mahasiswa Komunikasi Itu Sulit.
Noviadhista, F. U. (2018). Google Assistant AI Terpinar Saat Ini, Siri Nomor Berapa? Technologue.Id. https://technologue.id/google-assistant-ai-terpintar-saat-ini %0Asiri-nomor-berapa/amp/%0A
Perdana, R. P., & Irwansyah, I. (2019). Implementasi Asisten Virtual Dalam Komunikasi Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus Pada Layanan Pelanggan Telkomsel). Jurnal Komunikasi, 11(2), 183. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5491
Reis, A., Paulino, D., Paredes, H., & Barroso, J. (2017). Using Intelligent Personal Assistants to Strengthen the Elderlies’ Social Bonds. 593–602. https://doi.org/10.1007/978-3-319-58700-4_48
Riani, N. (2017). Model Perilaku Pencarian informasi Guna Memenuhi Kebutuhan Informasi (Studi Literatur). Publis, 1(2), 14–20.
Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. Grasindo.
Sari, S., & Yuliana, G. D. (2017). Electronic Word Of Mouth Melalui Youtube Studi Pada Beauty Vlogger Kosmetik Wardah.
In Journal of Strategic Communication (Vol. 8, Issue 1, pp. 59–69).
Supiandi, I. (2015). Analisis Digital Assistant Versi Cortana, Siri dan Google Now. Infotech Journal, 1(2), 236618.
Tai, T. Y., & Chen, H. H. J. (2020). The impact of Google Assistant on adolescent EFL learners’ willingness to communicate. Interactive Learning Environments. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1841801
Tashandra, N. (2019). Berapa Batas Durasi Penggunaan Ponsel yang Aman Bagi Kesehatan? Kompas.Com.
Winarsih, S. A. (2013a). Kebutuhan Dan Perilaku Pencarian Informasi Taruna Angkatan 46 Di Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(4), 9–17.
Winarsih, S. A. (2013b). Kebutuhan dan Perilaku Pencarian Informasi Taruna Angkatan 46 di Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(4), 9–17.