Integrasi Desa Wisata melalui Optimalisasi Peta Rute Wisata sebagai Konten Pemasaran Pariwisata

  • Muhammad Iqbal Katik Rajo Endah Politeknik Negeri Jakarta
  • Fauzi Mubarak Politeknik Negeri Jakarta
  • Imam Syafganti Politeknik Negeri Jakarta
  • Firman Syah Politeknik Negeri Jakarta
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v14i1.4659
Abstract views: 327 | PDF downloads: 327
Keywords: Peta Rute Wisata, Integrasi Desa Wisata, Atraksi Wisata, GIS, Pemasaran Pariwisata, Subang Selatan

Abstract

Kajian ini menggali potensi daya tarik wisata existing yang terdapat di beberapa desa yang sudah ditetapkan sebagai desa wisata di kawasan Subang Selatan, yaitu Desa Wisata Cibeusi, Desa Wisata Sanca dan Desa Wisata Pasanggrahan. Pengintegrasian desa-desa wisata melaluiperencanaan dan perancangan rute wisata dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk mempromosikan atraksi-atraksi wisata yang tersebar di dalam suatu destinasi wisata. Kajian ini mengonfirmasi titik-titik daya tarik wisata dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) yang dikombinasikan dengan penggunaan aplikasi terkait Geospatial Information Systems (GIS), yaitu ArcGIS 10.8 dan website Google My Maps, untuk selanjutnya menilai kondisi existing, baik daya tarik wisata, amenitas maupun aksesibilitasnya. Pengumpulandata primer dilakukan dengan melakukan observasi lapangan, wawancara dan verifikasi, sementara pengumpulan data sekunder berupa data riset sebelumnya, kebijakan terkait, maupun data yang tersedia di internet. Analisis yang dilakukan dalam kajian ini adalah analisis deskriptif, analisis kebijakan, analisis penentuan daya tarik potensial menggunakan indikator, dan analisis spasial menggunakan peta. Kajian ini menghasilkan sebuah desain rute wisata optimal dalam rangka pengembangan pariwisata kawasan Subang Selatan berupa pengintegrasian desa-desa wisata di Kecamatan Ciater dan Kecamatan Kasomalang yang juga dapat dijadikan sebagai salah satu konten pemasaran pariwisata

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2022). KBBI Daring. In Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan TeknologiRepublik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Chamboko-Mpotaringa, M., &Tichaawa, T. (2021). Tourism Digital Marketing Tools and Views on Future Trends: A Systematic Review of Literature. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, Volume 10(2), 712–726. https://doi.org/10.46222/ajhtl.19770720-128

CNN Indonesia. (2022, December 1). SandiagaUngkap Strategi PemulihanPariwisata Indonesia di WTTC. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20221201095422-97-881266/sandiaga-ungkap-strategi-pemulihan-pariwisata-indonesia-di-wttc

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 5th Edition (5th ed.). SAGE Publication, Inc.

Dredge, D. (1999). Destination place planning and design. Annals of Tourism Research, 26(4), 772–791. https://doi.org/10.1016/S0160-7383(99)00007-9

Fletcher, J., Fyall, A., Gilbert, D., &Wanhill, S. (2018). Tourism: Principles and Practice (6th ed.). Pearson.

Goeldner, C. R., & Ritchie, J. R. Brent. (2012). Tourism: principles, practices, philosophies (12th ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Hariyati, F., &Sovianti, R. (2021). Strategi KomunikasiPemasarandalamMempertahankan Customer Loyalty pada Hotel Salak Bogor, Indonesia. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2), 52–66. https://doi.org/10.35814/coverage.v11i2.2019

Kotler, P., Bowen, J. T., &Baloglu, S. (2022). Marketing for Hospitality and Tourism (8th Edition). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc,.

Mason, P. (2003). Tourism Impacts, Planning and Management. Butterworth-Heinemann.

Meyer, D. (2004). Tourism routes and gateways: key issues for the development of tourism routes and gateways and their potential for pro-poor tourism. ODI Discussion Paper.

RencanaInduk Pembangunan KepariwisataanKabupaten Subang Tahun 2022-2025, (2022). https://jdih.subang.go.id/website/web/page/detail/produk_hukum/644

subang.go.id. (2019, February 20). Bupati Subang Resmikan 15 DesaWisata. https://subang.go.id/public/berita/bupati-subang-resmikan-15-desa-wisata

UNWTO. (2014). Thematic discussion: The Role of Tourism Routes in Fostering Regional Development and Integration. In Executive Council. UNWTO. https://www.e-unwto.org/doi/pdf/10.18111/unwtoecd.2014.1.l671v811w3771u14

Utami, V. P., & Yuliana, G. D. (2017). AnalisisKomunikasiPemasaran Pada Hotel SalakThe Heritage Bogor. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 7(2), 18–28. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/572

World Travel and Tourism Council (WTTC). (2022). Travel & Tourism Economic Impact Global Trends 2022.

Published
2023-09-19
How to Cite
Katik Rajo Endah, M. I., Mubarak, F., Syafganti, I., & Syah, F. (2023). Integrasi Desa Wisata melalui Optimalisasi Peta Rute Wisata sebagai Konten Pemasaran Pariwisata. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 14(1), 12-24. https://doi.org/10.35814/coverage.v14i1.4659
Section
Articles