Pemanfaatan Webtoon sebagai Media Adaptasi dari Komik Cetak
Abstract views: 2393 | PDF downloads: 1265
Abstract
Webtoon adalah gabungan dari kata web dan cartoon, diartikan sebagai komik daring yang merupakan hasil adaptasi dari komik analog berbentuk cetak menjadi komik digital, disajikan dalam layout vertikal yang telah dioptimasi untuk layar komputer dan telepon seluler. Dalam bentuk digital pun webtoon masih diidentikkan dengan istilah manga (komik jepang) atau manhwa (komik korea). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan webtoon sebagai media adaptasi dari komik cetak, menganalisis efek webtoon sebagai Gelombang Korea terhadap masyarakat, dan mengetahui fenomena yang tercipta di Indonesia seiring perkembangan industri webtoon. Metode penelitian ini adalah Systematic Qualitative Literature Reviewdan dianalisis berdasarkan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses). Pada penelitian ini ditemukan hasil bahwa posisi webtoon sebagai industri serta pemanfaatannya dibuktikan cukup efektif dan menjanjikan pada berbagai bidang. Dimulai dari produksi, distribusi, konsumsi, bahkan model bisnis yang baru dan inovatif menjadikan webtoonsebagai contoh sukses dari peralihan analog ke digital, termasuk di Indonesia.
References
Akbar Saputra, F., & Gembyeng Ciptadi, S. (2019). Komik Digital Sebagai Strategi Bisnis Media Online Olahraga: Studi Pada Gorilasport.com. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 9(2), 11–19. https://doi.org/10.35814/coverage.v9i2.1122
Aladin, B., Thompson, M., Addison, D., Havens, J., McGowan, J., Nash, D., & Smith, C. (2023). The YGetIt? Program: A Mobile Application, PEEP, and Digital Comic Intervention to Improve HIV Care Outcomes for Young Adults. Health Promotion Practice, 24(4), 658–668. https://doi.org/10.1177/15248399221150789
Alfiani, F., Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2018). Pengembangan Webtoon Untuk Pembelajaran Ips (Ekonomi) Di Smp. Jurnal Ecogen, 1(2), 439. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4766
Anggraeni, L., Darmawan, C., Tanshzil, S. W., & Jubaedah, E. (2021). Promoting Ksatria Bela Negara comic through the Webtoon for the prevention and control Covid-19. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 138–147. https://doi.org/10.21831/jc.v18i1.39377
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon non-test instrument as education media. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 185. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21007
Cho, H. (2021). The Platformization of Culture: Webtoon Platforms and Media Ecology in Korea and Beyond. The Journal of Asian Studies, 80(1), 73–93. https://doi.org/10.1017/S0021911820002405
Choi, J. (2016). “Awl is piercing me and society”: Webtoon as a Popular Adult Education Tool in South Korea. Proceedings of the 8th Asian Diaspora Adult Education Pre-conference, Charlotte, NC.
Erya, W. I., & Pustika, R. (2021). Students’ Perception Towards the Use of Webtoon to Improve Reading Comprehension Skill. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(1), 51–56. https://doi.org/10.33365/jeltl.v2i1.762
Han, C., & Jeon, H. (2011). Function & effect study on blackmarket of comics using Webtoon free service. The Korean Journal of Animation, 7(1), 76–87.
Harvey, R. C. (1996). The art of the comic book: An aesthetic history. Univ. Press of Mississippi.
Jang, W., & Song, J. E. (2017). Webtoon as a New Korean Wave in the Process of Glocalization. Kritika Kultura, 29. https://doi.org/10.13185/KK2017.02908
Jin, D. Y. (2015). Digital convergence of Korea’s webtoons: transmedia storytelling. Communication Research and Practice, 1(3), 193–209. https://doi.org/10.1080/22041451.2015.1079150
Kim, J., & Lee, S. (2017). Tobacco ads in a new media, “Webtoon.” Tobacco Prevention & Cessation, 3(November). https://doi.org/10.18332/tpc/78429
Kim, J.-H., & Yu, J. (2019). Platformizing Webtoons: The Impact on Creative and Digital Labor in South Korea. Social Media + Society, 5(4), 205630511988017. https://doi.org/10.1177/2056305119880174
Kim, S.-H. (2022). Development and effects of a webtoon education program on preventive self-management related to premature labor for women of childbearing age: a randomized controlled trial. Korean Journal of Women Health Nursing, 28(3), 250–263. https://doi.org/10.4069/kjwhn.2022.09.22
Lee, J., Park, J., & Jun, J. (2019). Brand Webtoon as Sustainable Advertising in Korean Consumers: A Focus on Hierarchical Relationships. Sustainability, 11(5), 1364. https://doi.org/10.3390/su11051364
Lestari, A. F., & Irwansyah, I. (2020). Line Webtoon sebagai Industri Komik Digital. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 134. https://doi.org/10.35308/source.v6i2.1609
Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Nam, J., & Jung, Y. (2022). Exploring fans’ participation in digital media: Transcreation of webtoons. Telecommunications Policy, 46(10), 102407. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2022.102407
Naver Webtoon Ltd. (n.d.). Webtoon Advertising.https://www.webtoons.com/id/advertising/home, diakses pada 20 Oktober 2016 pukul 20:35 WIB.
Nuryanah, N., Zakiah, L., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3050–3060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1244
Putri, A. C., Silvia, E., Azzahra, S., & Bahtiar, A. (2021). Pengenalan Lokalitas Budaya Indonesia Ke Mancanegara Melalui Webtoon. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(2), 152. https://doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5343
Ramadhani, N., & Putra, R. D. (2017). Komik Strip Sebagai Media Kritik Sosial: Studi pada Akun Instagram@ Komikin_ajah. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(1), 26–38.
Syahid, A., & Khoirotunnisa, U. (2021). Online English Comics as Reading Materials for English Language Education Department Students. European Journal of Educational Research, 10(3), 1359–1369.
https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.3.1359
Rohan, O., Sasamoto, R., & O’Brien, S. (2021). Onomatopoeia: A relevance-based eye-tracking study of digital manga. Journal of Pragmatics, 186, 60–72. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2021.09.018
Van Dijck, J., Poell, T., & de Waal, M. (2018). The Platform Society (Vol. 1). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oso/9780190889760.001.0001
Zagita, N. I., & Sukandar, R. (2021). Pandangan Masyarakat Indonesia Terhadap Budaya Korea Selatan: Studi Kasus Manhwa Noblesse pada Aplikasi Line Webtoon. Commentate: Journal of Communication Management, 1(1), 78. https://doi.org/10.37535/103002120216