Pemanfaatan Webtoon sebagai Media Adaptasi dari Komik Cetak

  • Ratu Hanum Universitas Indonesia
  • Firman Kurniawan Universitas Indonesia
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v14i1.5327
Abstract views: 631 | PDF downloads: 357
Keywords: Webtoon, Manhwa, Komik Digital, Platformisasi

Abstract

Webtoon adalah gabungan dari kata web dan cartoon, diartikan sebagai komik daring yang merupakan hasil adaptasi dari komik analog berbentuk cetak menjadi komik digital, disajikan dalam layout vertikal yang telah dioptimasi untuk layar komputer dan telepon seluler. Dalam bentuk digital pun webtoon masih diidentikkan dengan istilah manga (komik jepang) atau manhwa (komik korea). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan webtoon sebagai media adaptasi dari komik cetak, menganalisis efek webtoon sebagai Gelombang Korea terhadap masyarakat, dan mengetahui fenomena yang tercipta di Indonesia seiring perkembangan industri webtoon. Metode penelitian ini adalah Systematic Qualitative Literature Reviewdan dianalisis berdasarkan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses). Pada penelitian ini ditemukan hasil bahwa posisi webtoon sebagai industri serta pemanfaatannya dibuktikan cukup efektif dan menjanjikan pada berbagai bidang. Dimulai dari produksi, distribusi, konsumsi, bahkan model bisnis yang baru dan inovatif menjadikan webtoonsebagai contoh sukses dari peralihan analog ke digital, termasuk di Indonesia.

References

Akbar Saputra, F., & Gembyeng Ciptadi, S. (2019). Komik Digital Sebagai Strategi Bisnis Media Online Olahraga: Studi Pada Gorilasport.com. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 9(2), 11–19. https://doi.org/10.35814/coverage.v9i2.1122

Aladin, B., Thompson, M., Addison, D., Havens, J., McGowan, J., Nash, D., & Smith, C. (2023). The YGetIt? Program: A Mobile Application, PEEP, and Digital Comic Intervention to Improve HIV Care Outcomes for Young Adults. Health Promotion Practice, 24(4), 658–668. https://doi.org/10.1177/15248399221150789

Alfiani, F., Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2018). Pengembangan Webtoon Untuk Pembelajaran Ips (Ekonomi) Di Smp. Jurnal Ecogen, 1(2), 439. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4766

Anggraeni, L., Darmawan, C., Tanshzil, S. W., & Jubaedah, E. (2021). Promoting Ksatria Bela Negara comic through the Webtoon for the prevention and control Covid-19. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 138–147. https://doi.org/10.21831/jc.v18i1.39377

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon non-test instrument as education media. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 185. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21007

Cho, H. (2021). The Platformization of Culture: Webtoon Platforms and Media Ecology in Korea and Beyond. The Journal of Asian Studies, 80(1), 73–93. https://doi.org/10.1017/S0021911820002405

Choi, J. (2016). “Awl is piercing me and society”: Webtoon as a Popular Adult Education Tool in South Korea. Proceedings of the 8th Asian Diaspora Adult Education Pre-conference, Charlotte, NC.

Erya, W. I., & Pustika, R. (2021). Students’ Perception Towards the Use of Webtoon to Improve Reading Comprehension Skill. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(1), 51–56. https://doi.org/10.33365/jeltl.v2i1.762

Han, C., & Jeon, H. (2011). Function & effect study on blackmarket of comics using Webtoon free service. The Korean Journal of Animation, 7(1), 76–87.

Harvey, R. C. (1996). The art of the comic book: An aesthetic history. Univ. Press of Mississippi.

Jang, W., & Song, J. E. (2017). Webtoon as a New Korean Wave in the Process of Glocalization. Kritika Kultura, 29. https://doi.org/10.13185/KK2017.02908

Jin, D. Y. (2015). Digital convergence of Korea’s webtoons: transmedia storytelling. Communication Research and Practice, 1(3), 193–209. https://doi.org/10.1080/22041451.2015.1079150

Kim, J., & Lee, S. (2017). Tobacco ads in a new media, “Webtoon.” Tobacco Prevention & Cessation, 3(November). https://doi.org/10.18332/tpc/78429

Kim, J.-H., & Yu, J. (2019). Platformizing Webtoons: The Impact on Creative and Digital Labor in South Korea. Social Media + Society, 5(4), 205630511988017. https://doi.org/10.1177/2056305119880174

Kim, S.-H. (2022). Development and effects of a webtoon education program on preventive self-management related to premature labor for women of childbearing age: a randomized controlled trial. Korean Journal of Women Health Nursing, 28(3), 250–263. https://doi.org/10.4069/kjwhn.2022.09.22

Lee, J., Park, J., & Jun, J. (2019). Brand Webtoon as Sustainable Advertising in Korean Consumers: A Focus on Hierarchical Relationships. Sustainability, 11(5), 1364. https://doi.org/10.3390/su11051364

Lestari, A. F., & Irwansyah, I. (2020). Line Webtoon sebagai Industri Komik Digital. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 134. https://doi.org/10.35308/source.v6i2.1609

Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Nam, J., & Jung, Y. (2022). Exploring fans’ participation in digital media: Transcreation of webtoons. Telecommunications Policy, 46(10), 102407. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2022.102407

Naver Webtoon Ltd. (n.d.). Webtoon Advertising.https://www.webtoons.com/id/advertising/home, diakses pada 20 Oktober 2016 pukul 20:35 WIB.

Nuryanah, N., Zakiah, L., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3050–3060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1244

Putri, A. C., Silvia, E., Azzahra, S., & Bahtiar, A. (2021). Pengenalan Lokalitas Budaya Indonesia Ke Mancanegara Melalui Webtoon. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(2), 152. https://doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5343

Ramadhani, N., & Putra, R. D. (2017). Komik Strip Sebagai Media Kritik Sosial: Studi pada Akun Instagram@ Komikin_ajah. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(1), 26–38.

Syahid, A., & Khoirotunnisa, U. (2021). Online English Comics as Reading Materials for English Language Education Department Students. European Journal of Educational Research, 10(3), 1359–1369.

https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.3.1359

Rohan, O., Sasamoto, R., & O’Brien, S. (2021). Onomatopoeia: A relevance-based eye-tracking study of digital manga. Journal of Pragmatics, 186, 60–72. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2021.09.018

Van Dijck, J., Poell, T., & de Waal, M. (2018). The Platform Society (Vol. 1). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oso/9780190889760.001.0001

Zagita, N. I., & Sukandar, R. (2021). Pandangan Masyarakat Indonesia Terhadap Budaya Korea Selatan: Studi Kasus Manhwa Noblesse pada Aplikasi Line Webtoon. Commentate: Journal of Communication Management, 1(1), 78. https://doi.org/10.37535/103002120216

Published
2023-09-19
How to Cite
Hanum, R., & Kurniawan, F. (2023). Pemanfaatan Webtoon sebagai Media Adaptasi dari Komik Cetak. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 14(1), 25-36. https://doi.org/10.35814/coverage.v14i1.5327
Section
Articles