Pandangan Wartawan tentang Aktivitas Media Relations Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Masa Pandemi

  • Narayana Mahendra Prastya Universitas Islam Indonesia
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v14i1.5405
Abstract views: 376 | PDF downloads: 206
Keywords: Media Relations, PSSI, Public Relations Olahraga, Public Relations di Masa Pandemi

Abstract

Media relations atau hubungan media merupakan aktivitas yang penting dilakukan di masa pandemi, karena dengan media relations organisasi dapat merespon isu-isu yang berkembang sekaligus menjaga kredibilitas di hadapan pemangku kepentingan. Sasaran dari kegiatan hubungan media adalah wartawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan wartawan terhadap media relations Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di masa pandemi. Metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara wawancara dengan wartawan olahraga yang biasa meliput di PSSI. Wawancara dilakukan secara daring dengan menggunakan video telekonferensi Zoom dan surat elektronik pada periode Agustus 2021-September 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pandemi, PSSI relatif terbuka bagi wartawan. Namun saat masa pandemi, respon PSSI sangat lambat ketika wartawan hendak melakukan konfirmasi terutama untuk isu yang negatif. Komunkasi yang dilakukan PSSI cenderung satu arah, hanya sekadar mengirimkan keterangan perstertulis atau tautan informasi yang terdapat di website PSSI.org, sementara wartawan memandang informasi pada website masih normatif. Wartawan juga merasa kurang leluasa untuk mengembangkan pertanyaan pada sesi konferensi pers secara daring yang dilangsungkan PSSI.

References

Alvin, S. (2023). Protocol Journalism Practice in the Indonesia Presidential Palace during the Covid-19 Pandemic. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(6), 2278–2285. https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i6.540

Anshari, F., & Akbar, F. Q. S. (2019). Analisis Model Pengelolaan Platform New Media Oleh Klub Sepakbola di Indonesia. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 8–18. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1228

Block, E. S., & Erskine, L. (2012). Interviewing by Telephone: Specific Considerations, Opportunities, and Challenges. International Journal of Qualitative Methods, 11(4), 428–445. https://doi.org/10.1177/160940691201100409

Broto, G. S. D. (2015). PSSI, Suatu Perdebatan “Government PR” yang “High Tense.” Jurnal Public Relation Indonesia, 2(3), 56–61.

Dottori, M., Sevigny, A., & O’reilly, N. (2022). Accelerating Direct Virtual Public Relations for Sport Organizations Through Information Subsidies During Covid-19. In P. M. Pedersen (Ed.), Research Handbook on Sport and Covid-19 (p. 138). Edward Elgar Publishing.

Hafizah, E. (2015). Strategi Public Relations dalam Membangun Hubungan dengan Media. Al-Hikmah, 8(2), 60–70. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v8i2.80

Hidayat, D. (2014). Media Public Relations: Pendekatan Studi Kasus Cyber Public Relations sebagai Metode Kerja PR Digital. Graha Ilmu.

Idris, I. K. (2012). Potret Media Relations dalam Persepsi Wartawan dan Praktisi Public Relations. Jurnal Universitas Paramadina, 9(1).

Kriyantono, R. (2019). Research Strategies and Media Relations in Public Relations Practices. Jurnal Komunikatif, 8(2), 178–190. https://doi.org/10.33508/jk.v8i2.2287

Kriyantono, R. (2020). Meneropong Praktik Public Relations di Indonesia dengan Teori dan Riset. UB Press.

Masduki, M., & Prastya, N. M. (2022). Perubahan Pola Kerja Jurnalistik Pasca Covid-19 dan Penurunan Kualitas Berita di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(3), 266–280. https://doi.org/10.31315/jik.v19i3.5058

Mauludi, A. H., Widyanto, G., & Amelia, R. (2022). Membangun Media Relations yang Ideal Berdasarkan Perspektif Praktisi Public Relations dan Media. BroadComm, 4(2), 29–39. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.240

Megantari, K., & Anggoro, A. D. (2020). Media Relations dalam Krisis Pandemi Covid-19 di Indonesia. In F. Junaedi (Ed.), Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19 (pp. 271–280). Buku Litera.

Novitaria, I. (2017). The Role of Public Relations in Sport Organization in Indonesia. Advanced Science Letters, 23(1), 528–531. https://doi.org/10.1166/asl.2017.7243

Nugroho, S. (2019). Industri Olahraga (S. Amalia, Ed.; Pertama). UNY Press.

O’Boyle, N., & Gallagher, A. (2023). Sports Organizations and Their Defensive Mediatization Strategies: The Sports Journalist’s Perspective. Journalism and Media, 4(2), 665–678. https://doi.org/10.3390/journalmedia4020042

Oktavianti, R., & Tamburian, H. H. D. (2021). Video Conferencing Conducted by Public Relations During The COVID-19 Pandemic through The Lens of Journalists. Jurnal Penelitian Komunikas, 24(1), 59–74.

Pradiksa, B., & Prianto, D. A. (2022). Persepsi Masyarakat terhadap Sepakbola Indonesia di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Prestasi Olahraga, 5(2), 53–59.

Prastya, N. M. (2015). Pemanfaatan Website Organisasi sebagai Media Keterbukaan Informasi Publik : Studi pada Website PSSI www.pssi.org. Komunikator, 7(1), 19–32.

Prastya, N. M. (2018). Analisis Framing terhadap Pernyataan Resmi Kemenpora RI dan PSSI dalam Kasus Sanksi FIFA terhadap Indonesia. Komunikator, 10(1), 10–23. https://doi.org/10.18196/jkm.101002

Prastya, N. M. (2019). “Antisipasi Krisis dengan Literasi Kehumasan: Catatan bagi Manajemen Klub Sepakbola Indonesia.” In Merawat Sepak Bola Indonesia (pp. 113–128).

Prayoga, R. G. (2019). Mengenal Aktivitas Public Relations di Operator Kompetisi. In N. M. Prastya (Ed.), Humas dalam Organisasi Olahraga : Konsep dan Aplikasi (pp. 129–150). Penerbit Komunikasi UII.

Putra, R. P. I., Akbar, M., & Amalia, R. (2020). Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Kinerja Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Menggunakan Metode Backpropagation. Journal of Information Technology Ampera, 1(2), 106–118. https://doi.org/10.51519/journalita.volume1.isssue2.year2020.page106-118

Rahman, F. (2018). Profesionalisme dan Transparansi Semu Sepakbola Indonesia” dalam Sepakbola 2.0 (S. Hasbi & F. T. Adi, Eds.; Edisi Kedua). Fandom.

Rani, N. L. R. M. (2013). Persepsi Jurnalis dan Praktisi Humas terhadap Nilai Berita. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 83–96. https://doi.org/10.24002/jik.v10i1.155

Ratislavová, K., & Ratislav, J. (2014). Asynchronous Email Interview as a Qualitative Research Method in the Humanities. Human Affairs, 24(4), 452–460. https://doi.org/10.2478/s13374-014-0240-y

Rawlins, B. L. (2006). Prioritizing Stakeholders for Public Relations. https://instituteforpr.org/prioritizing-stakeholders/

Sambo, M. (2019). Media Relations Kontemporer Teori dan Praktik. Kencana Prenada Media Group.

Saunders, B., Kitzinger, J., & Kitzinger, C. (2015). Anonymising Interview Data: Challenges and Compromise in Practice. Qualitative Research, 15(5), 616–632. https://doi.org/10.1177/1468794114550439

Velloso, C. (2022). Making Soufflé with Metal: Effects of the Coronavirus Pandemic on Sports Journalism Practices. Journalism, 23(12), 2591–2607. https://doi.org/10.1177/14648849221131725

Veno, A. (2016). Analisis Manajemen Kepemimpinan Melalui Aplikasi SWOT pada Organisasi PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i1.2360

Published
2023-09-19
How to Cite
Prastya, N. M. (2023). Pandangan Wartawan tentang Aktivitas Media Relations Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Masa Pandemi. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 14(1), 63-77. https://doi.org/10.35814/coverage.v14i1.5405
Section
Articles