Perencanaan Konten Media Sosial Instagram @Kampunginggrisbdg dalam Membangun Customer Engagement
Abstract views: 189 | PDF downloads: 184
Abstract
Kampung Inggris Bandung EPLC sebagai lembaga kursus bahasa Inggris di Kota Bandung mampu meraih engagement rate Instagram sebesar 2,13% dan nilai ini lebih tinggi dibandingkan kompetitor sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa Kampung Inggris Bandung EPLC melakukan perencanaan konten media sosial Instagram dan mengetahui bagaimana perencanaan konten media sosial Instagram @Kampunginggrisbdg dalam membangun customer engagement. Teori yang digunakan adalah social media and customer engagement (Evans & Mckee, 2010) serta konsep content marketing (Kotler & Hermawan, 2017). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, media monitoring dan studi dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Kampung Inggris Bandung EPLC melakukan perencanaan konten media sosial Instagram yang terbagi dalam tiga tahapan utama, content research and plan, content execution, dan content evaluation, di mana dari tiap tahapan utama terbagi menjadi delapan tahapan teknis. Penggunaan fungsi context creator menjadi sebuah peran penting dalam memastikan kesesuaian konten dengan konteks yang diinginkan, sehingga meningkatkan relevansi dan efektivitas dalam membangun keterlibatan audiens. Selain itu, lembaga ini menerapkan berbagai strategi untuk menjaga keterlibatan audiens, seperti terus memperbarui konten, menjamin transparansi seluruh kegiatan, menyediakan platform pengembangan seperti komunitas, serta terus memberikan konten yang bernilai.
References
Agnihotri, R. (2020). Social media, customer engagement, and sales organizations: A research agenda. Industrial Marketing Management, 90, 291–299. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2020.07.017
Ciarci, A. (2023, April 3). Content vs Context: If Content Is King, Context Is Queen in Marketing (Infographic). https://www.brafton.com/blog/content-marketing/content-vs-context/
Cristiana, E., & Diniati, A. (2023). PengelolaanAkun Instagram CEO Telkomsel @hendrisjam. WACANA: JurnalIlmiahIlmuKomunikasi, 22(2), 247–259. https://doi.org/10.32509/wacana.v22i2.3098
Darmadi, R., Silitonga, P., &Kristiadi, A. A. (2021). Pengaruh Social Media Customer Engagement dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas terhadap Perguruan Tinggi. 3(2), 166–177. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v3i2
Devi, N. L. P. F. S., & Diniati, A. (2024). Aktivitas Media Relations PT Angkasa Pura I dalam Mendukung Penyelenggaraan Presidensi G20 di Indonesia. 22(2), 221–237.
Evans D., & Mckee J. (2010). Praise for Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement.
Fadillah, S. N., & Setyorini, R. (2021). Analisis Implementasi Strategi Content Marketing Dalam Menciptakan Customer Engagement Di Media Sosial Instagram Wakaf Daarut Tauhiid Bandung.
Fitrih, A., & Suryawardani, B. (2020). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement (Studi Kasus Pada PT. Dealpro Indonesia Tahun 2020).
Guesalaga, R. (2016). The use of social media in sales: Individual and organizational antecedents, and the role of customer engagement in social media. Industrial Marketing Management, 54, 71–79. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2015.12.002
Hilmy Aziz, M. (2022). Prototipe Model Komunikasi Digital Pariwisata Berbasis Integrated Marketing Communication (IMC). Journal of Strategic Communication. https://www.bps.go.id/website/materi_ind/materiBrsInd-
Kotler, P., & Hermawan, K. S. (2017). Marketing 4.0_ Moving from Traditional to Digital.
Mulder, I., Van Doorn, F., & Stappers, P. J. (2015). Co-creation in context: The user as co-creator approach. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 9189, 74–84. https://doi.org/10.1007/978-3-319-20804-6_7
Rachman, D. A., & Diniati, A. (2022). Strategi Kampanye Public Relations Indonesia Stock Exchange dalam Program Yuk Nabung Saham. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(2), 221. https://doi.org/10.31315/jik.v20i2.5529
Rahmawati, E., & Aji, S. (n.d.). Pengaruh Customer Engagement Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Merek Serta Dampaknya Pada Loyalitas Merek. Journal of Research in Economic and Management. https://doi.org/10.17970/jrem.15.150204.id
Rania, R., & Diniati, A. (2023). Analisis Strategi Humas Diskominfo Kota Bogor Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @Kominfobogor. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (Kaganga), 6(1). https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i1.4539
Rohadian, S., & Amir, M. T. (n.d.). UPAYA Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry. https://doi.org/10.36782/jemi.v2i4.1925
Setiyarti, T., FelasSilitonga, G., & Sundari, P. (2021). Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian-Denpasar.
Tikno. (2017). Measuring Performance of Facebook Advertising Based on Media Used: A Case Study on Online Shops in Indonesia. Procedia Computer Science, 111. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.06.016
Yin, R. K. (2006). Studi Kasus: Desain dan Metode (M. D. Mudzakir, Ed.). RajaGrafindo Perkasa.