Peran Influencer Instagram pada Pembentukan Tren Budaya Masyarakat melalui Akun @Vindylee
Abstract views: 1 | PDF downloads: 2
Abstract
Fenomena influencer media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan digital saat ini, di mana individu dengan pengaruh besar mampu membentuk opini dan perilaku pengikut mereka. Penelitian ini berfokus pada peran influencer Instagram, Vindy Lee, dalam membentuk tren budaya masyarakat, khususnya terkait etiket makan atau table manners. Penelitian ini menggunakan metode konstruktif untuk menganalisis tentang peran influence pada media sosial Instagram dalam memberikan informasi dan juga mengedukasi Masyarakat tentang etiket makan. Peneliti melakukan observasi pada akun Instagram @Vindylee untuk mengetahui bagaiaman Vindy Lee menggunakan berbagai fitur Instagram untuk menyampaikan konten edukatif yang autentik dan menarik, serta menganalisis dampak konten tersebut terhadap perilaku dan kebiasaan pengikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Vindy Lee berhasil meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya table manners, serta mendorong perubahan positif dalam perilaku sehari-hari mereka. Vindy Lee berhasil menggunakan platform Instagram untuk menyebarkan edukasi mengenai etiket makan melalui konten yang menarik dan mudah dipahami. Dengan menggunakan berbagai fitur Instagram seperti foto, video, dan Instagram Live, ia mampu menjangkau audiens yang luas dan berinteraksi langsung dengan pengikutnya, sehingga membangun hubungan yang lebih personal dan terpercaya. Faktor-faktor seperti kredibilitas, autentisitas, interaksi aktif dengan pengikut, dan visualisasi konten yang menarik, berperan penting dalam efektivitas Vindy Lee sebagai influencer.
References
Abidin, C. (2016). “Aren’t These Just Young, Rich Women Doing Vain Things Online?”: Influencer Selfies as Subversive Frivolity.
Social Media and Society, 2(2). https://doi.org/10.1177/2056305116641342
Audrezet, A., de Kerviler, G., & Guidry Moulard, J. (2020). Authenticity under threat: When social media influencers need to go beyond self-presentation. Journal of Business Research, 117, 557–569. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2018.07.008
Ayu, A. M., & Ulung, A. K. (2023). Efektivitas Program Kerja Sama Unaids-Indonesia Tentang HIV/AIDS Melalui Media Sosial Instagram @Tanya Marlo. Jurnal Netnografi Komunikasi, 1(2), 81–89. https://doi.org/10.59408/NETNOGRAFI.V1I2.12
Ayu Priana, Sutjipto, V. W., & Romli, N. A. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram @riliv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Mental Followers. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 85–97. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i2.3097
Azzariaputrie, A. N., & Avicenna, F. (2023). Pengaruh Content Marketing TikTok terhadap Customer Engagement (Studi Kuantitatif pada Akun TikTok SilverQueen Selama Masa Campaign Banyak Makna Cinta). Jurnal Netnografi Komunikasi, 1(2), 70–75. https://doi.org/10.59408/NETNOGRAFI.V1I2.11
Chaffey, Dave., & Ellis-Chadwick, Fiona. (2019). Digital marketing: strategy, implementation and practice. 698.
Cheung, M. L., Pires, G., & Rosenberger, P. J. (2020). The influence of perceived social media marketing elements on consumer–brand engagement and brand knowledge. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(3), 695–720. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2019-0262/FULL/XML
De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798–828. https://doi.org/10.1080/02650487.2017.1348035
Djafarova, E., & Rushworth, C. (2017). Exploring the credibility of online celebrities’ Instagram profiles in influencing the purchase decisions of young female users. Computers in Human Behavior, 68, 1–7. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2016.11.009
Fantini, E., Ardianto, R., Sosial, I. I., Stiami, M., Perdagangan, K., & Indonesia, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Iklan dan Celebrity Endorser di Instagram terhadap Minat Beli Followers (Studi Kasus pada Followers Aktif Akun Instagram @merche.id). Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(1), 36–41. https://doi.org/10.59408/NETNOGRAFI.V2I1.17
Farady, R., & Monica, D. (2016). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! ( Analisis Eksplanatif pada Komunitas Food Blogger # WTFoodies ). Jurnal Komunikasi.
Funk, T., & Funk, T. (2013). Advertising and Promotion. Advanced Social Media Marketing, 65–74. https://doi.org/10.1007/978-1-4302-4408-0_4
Hall, S. (2013). Representation, Meaning and Language. In Representation: Cultural Representation & Signifying Practices. Sage Publication.
Hastiana, A. T., & Astuti, R. D. (2023). Analisis Pengaruh Kredibilitas Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Pada Industri Skincare Merek Lokal Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 399–409. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.6646
Hovland, C. I., & Weiss, W. (1951). The Influence of Source Credibility on Communication Effectiveness. Public Opinion Quarterly,
(4), 635–650. https://doi.org/10.1086/266350
Jin, S. V., Muqaddam, A., & Ryu, E. (2019). Instafamous and social media influencer marketing. Marketing Intelligence and Planning, 37(5), 567–579. https://doi.org/10.1108/MIP-09-2018-0375/FULL/XML
Kusumawardhani, Y. (2019). Analisis Pengukuran Daya Saing Destinasi Wisata Berbasis Tourism and Travel Competitiveness Index Analysis of Tourism Destination Competitiveness Measurement Based on Tourism and Travel Competitiveness Index. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 2(2).
Lanigan, R. L. (1978). General and Theoretical: Beyond Culture . Edward T. Hall . American Anthropologist, 80(2), 403–403. https://doi.org/10.1525/AA.1978.80.2.02A00330
Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58–73. https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501
Lumampauw, A., Farady, R., & Nugroho, Y. (2021). The art of honing the conscience through bukalapak ads : barongsai Indonesia , juara hati membangun bangsa. International Journal of Visual and Performing Arts, 3(1), 9–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31763/viperarts.v3i1.342
Lumampauw, A., Lestari, R., Marta, R. F., & Fernando, J. (2020). Awakening Revealed through Rose’s Visual Analysis on #LangkahHijau Commercial Ads. Avant Garde, 8(2), 121–133. https://doi.org/10.36080/AG.V8I2.1231
Mone Manggi, D., Mandaru, S., & Komunikasi, S. (2024). Strategi Komunikasi Paradox Coffee And Roastery Dalam Membangun Brand Image Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(2), 105–122. https://doi.org/10.59408/JNK.V2I2.34
Naingolan, Yunita, M. Z. dan F. A. (2018). Penggunaan Media Sosia Instagram Untuk Menunjang Peran Duta Wisata 2016-2017 Dalam Mempromosikan Pariwisata Kalimantan Timur. E-Journal Ilmu Komunikasi, 6(3), 136–148.
Najmi Auliya Azahra, & O Hasbiansyah. (2021). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. Prosiding Manajemen Komunikasi Unisba, 311–315.
Ningtyas, E. (2015). Pierre Bourdieu, Language And Symbolic Power. Poetika: Jurnal Ilmu Sastra, 3(2). https://doi.org/10.22146/POETIKA.V3I2.10437
Novita Ayuningtyas. (2022). 7 Potret Vindy Lee, Selebriti Chef yang Kerap Ajarkan Table Manner - Hot Liputan6.com. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/hot/read/4951850/7-potret-vindy-lee-selebriti-chef-yang-kerap-ajarkan-table-manner
Philip Kotler, K. L. K. (2009). Marketing Management (13th ed.). Pearson Prentice Hall.
Prayitno, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Global Terpadu: Tantangan di Era Digital. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 27–39. https://doi.org/10.35814/COVERAGE.V12I1.2152
Priana, A., Sutjipto, V. W., & Romli, N. A. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram @riliv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Mental Followers. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 85–97. https://doi.org/10.35814/COVERAGE.V12I2.3097
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Gunahumas, 1(1), 72–87. https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/28380
Rifqi, R. K., & Widhiasti, M. R. (2024). Potret Keeleganan Tata Cara Makan pada Akun
TikTok @vindyleetiktok. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(2), 375–386. https://doi.org/10.54082/JUPIN.323
Ruhiat, F., & -, A. (2020). Klaim Sepihak Donald Trump Terhadap Kota Yerusalem Sebagai Ibukota Israel Dalam Perspektif Konstruktivisme. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 16(1), 19–30. https://doi.org/10.26593/jihi.v16i1.3361.19-30
Ryan, Damian. (2016). Understanding social media: how to create a plan for your business that works. KoganPage.
Sampurna, A., Tandian, M., Huang, V., Florescia Simanjuntak, R., & Marta, R. F. (2020). Implementasi Total Branding dalam Perspektif Semiotika Pemasaran. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 59–73. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1384
Sarasati, F., Winarti, W., Sudarsono, A. B., & Olivia, H. (2024). Resepsi Khalayak Pada Konten Kampanye Kesehatan Mental @marshanda99 Dalam Diri Remaja. Jurnal Public Relations (J-PR), 5(1), 7–12. https://doi.org/10.31294/JPR.V5I1.3324
Sinambela, B. K., & Ariska, Z. (2023). Pengaruh Fitur Instagram Stories Terhadap Eksistensi Diri Remaja (Survei Pada Remaja Di RW 09 Ciledug, Kelurahan Sudimara Tangerang). Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.59408/NETNOGRAFI.V2I1.14
Suci, P. (2024). Penanganan Ujaran Kebencian Terhadap Presiden Jokowi di Media Sosial. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 14(2), 146–165. https://doi.org/10.35814/COVERAGE.V14I2.5780
Takahashi, B., Metag, J., Thaker, J., & Comfort, S. E. (2021). The Handbook of International Trends in Environmental Communication. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780367275204
Zaenuddin, S., & Adrian, D. (2020). Peran Duta Wisata Dalam Pembentukan Citra Kota Palu Pasca Bencana Alam Melalui Instagram. 85–96.
Zikra Mulia Irawati. (2022). Profil Chef Vindy Lee, Queen of Slay Konten Table Manner. Popbela.Com. https://www.popbela.com/career/inspiration/zikra-mulia-irawati/profil-vindy-le