Elemen Estetik, Autentik dan Citra Produk dalam Membangun Indonesian Gastronomy Brand melalui Media Sosial

  • Safira Putri Sumanda Universitas Al Azhar Indonesia
  • Kussusanti Kussusanti Universitas Al Azhar Indonesia
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v15i2.8030
Abstract views: 10 | PDF downloads: 10
Keywords: Autentik, Citra Produk, Estetik, Gastronomy Brand, Komunikasi Digital, Media Sosial

Abstract

Komunikasi berperan penting dalam memperkuat citra dan reputasi sebuah negara atau daerah, melalui kekayaan dan keberagaman gastronomi. Gastronomy branding memerlukan peran seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali food blogger yang menyebarkan informasi melalui media sosial. Pada era digital, komunikasi menjadi alat utama dalam membentuk persepsi publik mengenai destinasi kuliner. Penelitian ini bertujuan menganalisis konten gastronomi Indonesia yang diunggah di media Instagram, mencerminkan elemen estetik, autentik dan citra produk. Menggunakan metode analisis isi kuantitatif serta teknik statistik deskriptif, penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 konten gastronomi dalam bentuk video reels pada Instagram kuliner nusantara @amazingindonesiafood, @kokobuncit, @dyodoran, dan @the.lucky.belly. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen citra produk memiliki nilai rata-rata tertinggi (7,95), diikuti oleh elemen estetik (7,92), dan elemen autentik (7,23). Hasil penelitian ini menegaskan bahwa kekuatan utama dalam Indonesian gastronomy branding terletak pada kekayaan dan keragaman kuliner, keunikan sajian, serta kesan positif yang ditampilkan dalam konten digital. Namun, masih terdapat kekurangan dalam penyampaian informasi mengenai sejarah makanan, warisan budaya kuliner dari masa lampau, serta konsistensi dalam penyajian dan kualitas pelayanan dan suasana tempat makan. Oleh karena itu, diperlukan strategi komunikasi digital yang lebih baik dalam memperkuat branding gastronomi Indonesia, melalui peningkatan kualitas konten digital, serta penguatan narasi mengenai sejarah dan budaya kuliner.

References

Anesti, S., & Diniati, A. (2024). Perencanaan Konten Media Sosial Instagram @Kampunginggrisbdg dalam Membangun Customer Engagement. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 15(1), 99–114. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/coverage.v15i1.6232

Chen, Z., Chan, I. C. C., & Egger, R. (2023). Gastronomic image in the foodstagrammer’s eyes – A machine learning approach. Tourism Management, 99(May 2023), 1–16. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2023.104784

Chi, H. K., Huang, K. C., & Nguyen, H. M. (2020). Elements of destination brand equity and destination familiarity regarding travel intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 52(October 2018), 101728. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.12.012

Cinditya, D. K. (2020). Pengaruh Digital Influencer dan Intensitas Event Terhadap Tingkat Pengetahuan Khalayak di Instagram. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 19–29. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1380

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Fitria, R. I., Irwansyah, & Rusfian, E. (2016). Iconic culinary as an icon for tourism destination’s branding. Social Sciences (Pakistan), 11(19), 4589–4593. https://doi.org/10.3923/sscience.2016.4589.4593

Görür, H., Atabay, L., & Güzeller, C. O. (2021). Analysing Food Image Branding of Turkey From Instagram Social Media Platform. Journal of Tourism and Gastronomy Studies, 9(1), 24–46. https://doi.org/10.21325/jotags.2021.775

Hadi, S. P., Alwie, D. R., & Fitria, Y. (2024). Keberhasilan Content Creator Ditentukan oleh Kreativitas Konten dan Skill Mengedit Video. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 15(1), 58–69. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/coverage.v15i1.5883

Hanifah, K. P., Sumartias, S., & Dewi, R. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Disparbud dalam Promosi Destinasi Wisata Kabupaten Majalengka. Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(1), 33–44. https://doi.org/10.33366/jkn.v4i1.110

Hauser, D., Leopold, A., Egger, R., Ganewita, H., & Herrgessell, L. (2022). Aesthetic perception analysis of destination pictures using #beautifuldestinations on Instagram. Journal of Destination Marketing and Management, 24(April), 100702. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2022.100702

Hernandez-Rojas, R. D., Folgado-Fernandez, J. A., & Palos-Sanchez, P. R. (2021). Influence of the restaurant brand and gastronomy on tourist loyalty. A study in Córdoba (Spain). International Journal of Gastronomy and Food Science, 23(October 2020), 10–15. https://doi.org/10.1016/j.ijgfs.2021.100305

Irwansyah. (2020). Gastronomi (Brand): Konsep dan Gagasan Awal. Yogyakarta: Quantum.

Kemp, S. (2021). Digital 2021 Indonesia. Retrieved April 14, 2021, from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Ketaren, I. (2017). Gastronomi Upaboga Indonesia. Jakarta: Indonesian Gastronomy Association.

Lai, M. Y., Khoo-Lattimore, C., & Wang, Y. (2017). Food and cuisine image in destination branding: Toward a conceptual model. Tourism and Hospitality Research, 19(2), 238–251. https://doi.org/10.1177/1467358417740763

Lai, M. Y., Khoo-Lattimore, C., & Wang, Y. (2018). A perception gap investigation into food and cuisine image attributes for destination branding from the host perspective: The case of Australia. Tourism Management, 69(January), 579–595. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.06.033

Maryolein, S., Dwina Hapsari, N., & Oktaviani, R. C. (2019). Instagram Sebagai Media Publikasi Dalam Membangun Brand Awareness Jakarta Aquarium. Avant Garde, 7(1), 19. https://doi.org/10.36080/avg.v7i1.849

Napoli, J., Dickinson-Delaporte, S., & Beverland, M. B. (2016). The brand authenticity continuum: strategic approaches for building value. Journal of Marketing Management, 32(13–14), 1201–1229. https://doi.org/10.1080/0267257X.2016.1145722

Oguz, S., Haseki, M. İ., & Buzcu, Z. (2020). The Effect of Gastronomy brand Value Components on Travel Intention: A Case of a Route. International Journal of Economics and Innovation, 6(2), 276–295. https://doi.org/10.20979/ueyd.755893

Pink, B., & Rahmawati, W. T. (2021, March 28). Sri Mulyani: Industri Kuliner Jadi Penyumbang Terbesar Ekonomi Kreatif. Kontan.Co.Id.

Pramezwary, A., Lemy, D. M., Juliana, Sitorus, N. B., Masatip, A., Dalimunthe, F. I., … Yanti, D. (2022). Sustainability Gastronomy Tourism in Medan City. International Journal of Sustainable Development and Planning, 17(3), 875–883. https://doi.org/10.18280/ijsdp.170317

Pratiwi, I. (2021). Estetika Gastronomi Nusantara Dalam Media Digital. Jurnal Budaya Nusantara, 4(2), 248–257. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol4.no2.a3628

Putra, A. E., Setiyaningsih, L. A., Setyaningrum, F., & Widayati, S. (2022). The Impact of Social Media Campaign on Green Coffee Image at Instagram @BLACKPASSION.ID. Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(1), 89–98. https://doi.org/10.33366/jkn.v4i1.109

Raditya, M. H. (2014). Antara Rasa Dan Estetika Komodifikasi Nilai Konsumsi Pada Pangan Sebagai Wujud Eksistensi. Jurnal Kawistara, 4(2). https://doi.org/10.22146/kawistara.5669

Ryan, J., & Casidy, R. (2018). The role of brand reputation in organic food consumption: A behavioral reasoning perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 41(December 2017), 239–247. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.01.002

Satira, A. U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1(1), 179–202.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

TasteAtlas. (2023). 10 Best Rated Soups in The World. Retrieved August 4, 2023, from https://www.tasteatlas.com/best-rated-soups-in-the-world

Tran, V. D., & Nguyen, N. T. T. (2022). Investigating the relationship between brand experience, brand authenticity, brand equity, and customer satisfaction: Evidence from Vietnam. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2084968

Wibowo, A. A., Irawanto, B., & Abrar, A. N. (2019). Uploading Food Photos Phenomena on the Instagram Platform in Yogyakarta and Kelantan. ETTISAL : Journal of Communication, 8(1), 17–30. https://doi.org/10.21111/ejoc.v8i1.9634

Wiryawan, M. A., & Nugroho, W. (2021). Pengaruh Terpaan Akun Instagram @bekasifood Terhadap Preferensi dalam Memilih Kuliner di Bekasi. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 140–149. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i2.82

Wiyana, T. (2015). Wisata Kuliner Termasuk Destinasi Unggulan Pariwisata di Indonesia. Retrieved February 24, 2023, from https://hotel-management.binus.ac.id/2015/11/23/wisata-kuliner-termasuk-destinasi-unggulan-pariwisata-di-indonesia/

Yananingtyas, H. Z., & Irwansyah. (2020). Cyber Public Relation Melalui Microblogging Dalam Menjaga Citra PemProv DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(2), 199–212. Retrieved from https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7456

Zettl. (2017). Sight Sound Motion: Applied Media Aesthetics (8th ed.). Boston: Cengage Learning.

Published
2025-03-29
How to Cite
Sumanda, S. P., & Kussusanti, K. (2025). Elemen Estetik, Autentik dan Citra Produk dalam Membangun Indonesian Gastronomy Brand melalui Media Sosial. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 15(2), 190-204. https://doi.org/10.35814/coverage.v15i2.8030
Section
Articles