Membangun Keunggulan Bersaing Yang Dipengaruhi Oleh Market Orientation, Product Innovation Dan Promotional Strategy Melalui Marketing Performance (Studi Kasus : UMKM Fashion Hijab Di Wilayah DKI Jakarta)

  • Linda Melawati Universitas Pancasila
  • Sri Widyastuti Universitas Pancasila
  • Mombang Sihite Universitas Pancasila
Keywords: Market Orientation, Product Innovation, Promotional Strategy, Marketing Performance, Competitive Advantage, UMKM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pengaruh market orientation, Product Innovation, Promotional Strategy terhadap Marketing Performance dan Competitive Advantage serta mengetahui peran mediasi dari Marketing Performance Umkm Fashion Hijab Di Wilayah DKI Jakarta. Sampel penelitian 78 responden UMKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan software Smart PLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel market orientation, Product Innovation, dan Promotional Strategy berpengaruh terhadap Marketing Performance dan competitive advantage. Marketing Performance memediasi secara parsial pada hubungan antara market orientation, Product Innovation, dan Promotional Strategy terhadap competitive advantage. Hasil penelitian menghasilkan rekomendasi pemilihan bahan premium, warna yang menarik, design yang tidak pasaran dengan jumlah terbatas dengan strategi promosi yang memiliki keunggulan serta menciptakan kreativitas yang tinggi dalam menciptakan produk fashion jilbab yang unik dan berbeda dengan pesaing sehingga dapat memenangkan persaingan pasar dan memperoleh keuntungan.

Published
2023-04-29
Section
Articles