STRATEGI LAYANAN PASIEN DENGAN KUALITAS PRIMA UNTUK PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM TIPE B
Abstract
Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. dan Kualitas Prima adalah faktor yang mendukung Kepuasan pasien. Penelitian dilakukan untuk melihat efek dari Kualitas Prima terhadap Kepuasan pasien rumah sakit umum tipe B. Penelitian dilakukan di RSUI dan RSCM sebagai pembanding pada bulan Desember 2022 dan Januari 2023 dengan responden tenaga medis RSUI dan RSCM menggunakan Teknik proportioned stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan SEM yang diolah dengan Smart PLS 3.0 untuk analisis kuantitatif, sedangkan untuk analisis kualitatif menggunakan menggunakan SWOT, IFE, EFE, CPM dan QSPM. Hasil penelitian kuantitatif membuktikan bahwa kapabilitas tenaga medis dan akses berpengaruh terhadap kepuasan pasien; kecepatan penanganan dan fasilitas RS tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien; kapabilitas tenaga medis, kecepatan penanganan dan Jam Layanan berpengaruh terhadap kualitas prima sedangkan Kecepatan Penanganan, Akses dan Fasilitas RS tidak berpengaruh terhadap kualitas prima. Adapun hasil penelitian analisa strategi melalui tahapan strategi input stage dengan IFE, EFE &CPM matching stage dengan TOWS dan decision stage dengan QSPM maka strategi yang digunakan dari hasil QSPM adalah strategi alternatif pengembangan SDM dan peningkatan pengembangan teknologi kesehatan sedangkan kualitas prima menjadi alternatif selanjutnya