MEMBANGUN LOYALITAS MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SABUN MANDI ANTISEPTIK
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan E-Commerce terhadap kepuasan serta loyalitas konsumen sabun mandi antiseptik Lifebuoy. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian sejumlah 272 responden yang merupakan konsumen sabun mandi antiseptik Lifebuoy serta tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan software Lisrel. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel citra merek, kualitas produk, dan E-Commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Variabel kualitas produk dan variabel kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen, namun variabel citra merek dan E-Commerce tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen.